Senin, 04 Mar 2019 11:44 WIB

Mengenal Sjogren Syndrome, Penyakit Autoimun yang Diidap Ibu Mikha Tambayong

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ibunda Mikha Tambayong mengidap penyakit autoimun yang disebut Sjogren syndrome. Foto: Instagram @miktambayong Ibunda Mikha Tambayong mengidap penyakit autoimun yang disebut Sjogren syndrome. Foto: Instagram @miktambayong
Jakarta - Ibunda Mikha Tambayong meninggal pada Minggu (3/3) karena penyakit autoimun, yaitu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuhnya sendiri. Kakak sepupu Mikha, Putri Cahyati mengatakan bahwa ibunda Mikha, Deva Malaihollo mengidap Sjogren syndrome.

"Sebenarnya sih yang diderita sindromnya namanya Sjogren syndrome, mungkin sudah banyak orang yang tahu juga itu apa. Jadi itu menyerang kelenjar, menyerang paru-paru, saluran pencernaan," ujarnya.



Dikutip dari Mayo Clinic, Sjogren syndrome adalah kelainan pada sistem kekebalan tubuh yang diidentifikasikan oleh dua gejala paling umum, yaitu mata dan mulut kering.

Pada Sjogren syndrome, sel darah putih yang biasanya melindungi tubuh dari kuman justru menyerang kelenjar yang bertugas membuat kelembaban. Ketika itu terjadi, maka tubuh tidak dapat menghasilkan air mata dan air liur.

Biasanya pengidap sindrom ini merasakan mata kering, rasa terbakar, gatal, dan berpasir. Atau merasa mulut kering seperti penuh kapas dan kesulitan untuk menelan dan berbicara.

Sindrom ini sering menyertai gangguan autoimun lainnya, seperti rheumatoid arthritis dan lupus. Kebanyakan orang berusia lebih dari 40 tahun yang didiagnosis sindrom ini dan lebih umum terjadi pada wanita.



Tonton video 'Mikha Tambayong Ingin Ibunya Satu Liang Lahat dengan Sang Kakek':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
News Feed