Senin, 04 Mar 2019 19:36 WIB

8 Kebiasaan Buruk Malam Hari yang Bikin Perut Cepat Membuncit

Ayunda Septiani - detikHealth
Ketahui kebiasaan kamu yang bisa membuat perut buncit. (Foto: Istock) Ketahui kebiasaan kamu yang bisa membuat perut buncit. (Foto: Istock)
Jakarta - Salah satu permasalahan yang mengganggu penampilan dan ditakuti oleh sebagian wanita dan pria adalah perut buncit. Permasalahan klasik ini bisa terjadi pada siapa saja, terutama bagi yang sulit menerapkan pola hidup sehat.

Memiliki perut buncit bukan saja mengganggu penampilan, namun juga mengganggu kesehatan. Selain itu ketika memiliki perut buncit untuk menghilangkannya dibutuhkan 'kerja keras'. Dikutip dari Brightside kebiasaan buruk yang dilakukan pada malam hari di bawah ini bisa mempercepat buncit.



1. Tidur tidak cukup

Idealnya, orang dewasa mendapatkan sekitar tujuh hingga sembilan jam waktu tidur setiap malam. Ketika kita tidak cukup tidur, maka tingkat kortisol (hormon stres) akan meningkat dan mendorong kita mengonsumsi makanan tinggi gula.

Untuk mempertahankan tingkat hormon stres kortisol yang normal, cobalah untuk mendapatkan waktu tidur yang baik setiap malamnya. Dengan cara ini, kita dapat menyeimbangkan kadar kortisol sekaligus meningkatkan produksi leptin (hormon yang dapat membuat kita mampu mengontrol nafsu makan).

2. Makan larut malam

Meskipun benar bahwa tubuh secara alami membakar beberapa timbunan lemak saat kita tidur, namun tubuh tidak akan membakar secara efisien jika kita tidur dengan perut penuh. Selain menyebabkan lemak pada perut, makan larut malam dan berbaring setelah kenyang dapat meningkatkan risiko terkena refluks asam lambung dan gangguan pencernaan.

Hal itu terjadi karena perubahan gravitasi, sehingga tubuh tidak mampu menarik makanan di perut menuju ke bawah. Untuk mencegah kondisi ini, pertimbangkanlah untuk makan sedikit makanan di malam hari, dan jangan berbaring setidaknya selama tiga jam setelah makan malam. Jika memungkinkan, makanlah beberapa buah-buahan jika merasa sedikit lapar di malam hari, daripada mengonsumsi makanan-makanan manis.



3. Ngemil di malam hari

Sudah bukan rahasia lagi kalau ngemil pada malam hari tidak baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kebiasaan yang mengasikan ini terkadang secara tidak sadar kita lakukan, padahal dampaknya jelas akan membuat perut buncit.

4. Makan tidak teratur

Terlalu sibuk bekerja terkadang mengganggu pola makan, sehingga jam makan tidak teratur. Saat tubuh tidak tahu pasti waktu makan berikutnya, maka tubuh biasanya akan segera menyimpan lemak. Kondisi seperti inilah yang kemudian menyebabkan timbulnya penimbunan lemak di dalam tubuh yang akhirnya membuat perut buncit.

5. Makan terlalu banyak

Jelas ini akan membuat perutmu buncit, ketika makan terlalu banyak fungsi organ pencernaan bekerja terlalu berat sehingga tidak memproses secara sempurna. Akibatnya lemak dan kalori akan tertimbun dan memicu perut menjadi buncit.



6. Mengonsumsi makanan yang mengandung gas

Tidak hanya lemak yang dapat memicu perut menjadi buncit. Gas pada makanan juga salah satu faktor yang menyebabkan perut buncit. Sejumlah jenis makanan mengandung gas tinggi sehingga akhirnya menjadikan perut kembung. Tak hanya kembung, perut akhirnya pun mengembang dan ukurannya bertambah.

7. Mengonsumsi makanan berlemak

Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh kita, namun terlalu banyak mengonsumsinya juga tidak baik untuk kesehatan. Jenis makanan seperti gorengan, junk food, merupakan makanan yang mengandung lemak tinggi.

8. Konsumsi makanan dengan kandungan pemanis buatan

Makanan atau minuman kemasan yang mengandung pemanis buatan selalu menjadi favorit, tak hanya bagi anak-anak tapi juga bagi para orang dewasa. Tak hanya meningkatkan kadar gula darah yang berarti risiko diabetes, makanan/minuman dengan pemanis buatan sangat mampu menaikkan risiko obesitas dan perut buncit.

(up/up)
News Feed