Selasa, 05 Mar 2019 10:36 WIB

Lagi Diet, Sarapan Bubur Ayam atau Lontong Sayur Ya?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Bubur Ayam Vs Lontong Sayur, mana yang cocok untuk sarapan orang diet? Foto: detikHealth Bubur Ayam Vs Lontong Sayur, mana yang cocok untuk sarapan orang diet? Foto: detikHealth
Jakarta - Godaan makanan enak seperti bubur ayam dan lontong sayur saat diet pasti menggoyahkan kekuatan dan keyakinan. Duh, harus pilih bubur ayam atau lontong sayur ya?

Tenang, Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA), Dr Rita Ramayulis, DCN, MKes memberitahu informasi bagi kamu yang diet tapi tetap ingin makan bubur ayam atau lontong sayur.

"Kalau ingin kurus ya cari yang lemaknya lebih rendah," ujarnya kepada detikHealth.



Kandungan lemak dari bubur ayam dan lontong sayur terletak pada tambahannya, yaitu ayam atau telur. Menurut Rita, jika menggunakan ayam beserta kulitnya kandungan lemaknya cukup tinggi hingga 13 gram untuk satu porsi. Sedangkan jika menggunakan ayam tanpa kulit, kandungan lemaknya sekitar 7-9 gram. Sementara kandungan lemak dalam telur sekitar 5-7 gram.

"Ingin kurus pilih ayam tanpa lemak atau telur. Kalau kurus ingin gemuk ya pilih ayam dengan kulit. Semua masyarakat punya kebutuhan gizi yang berbeda-beda," jelasnya.

Sedangkan kandungan kalori bubur ayam dan lontong sayur kurang lebih sama. Lagi-lagi yang membedakan adalah tambahannya. Pada ayam dengan kulit kalorinya 105 kkal, telur 75 kkal, dan ayam tanpa kulit 50 kkal.

(wdw/up)