Selasa, 05 Mar 2019 17:05 WIB

Cara-cara Unik Detoks Narkoba: Direbus Hidup-hidup Sampai Cuci Usus

Firdaus Anwar - detikHealth
Para pecandu di Kuil Wat Thamkrabok mandi usai jalani terapi detoks muntah. (Foto: Paula Bronstein/Getty Images) Para pecandu di Kuil Wat Thamkrabok mandi usai jalani terapi detoks muntah. (Foto: Paula Bronstein/Getty Images)
Jakarta - Detoks atau detoksifikasi adalah sebutan umum untuk berbagai macam terapi yang dianggap bisa membantu tubuh mengeluarkan zat-zat berbahaya. Sebagai contoh misalnya detoks dilakukan oleh beberapa orang yang berusaha lepas dari kecanduan alkohol atau narkoba.

Dalam proses rehabilitasi pecandu narkoba, detoks merupakan tahap awal sebelum masuk ke tahap-tahap selanjutnya. Umumnya tahapan detoks ini dianggap paling berat karena pecandu dipaksa untuk benar-benar 'putus' dari ketergantungan.

Untuk melakukan detoks sendiri ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Namun efektif atau tidak hal tersebut masih bisa dipertanyakan karena tidak ada studi pendukung.

Dikutip detikHealth dari berbagai sumber, berikut cara-cara unik yang pernah dilakukan orang untuk detoks narkoba:



1. Herba pemicu muntah

Kuil Wat Thamkrabok di Thailand terkenal karena program detoksifikasinya diklaim bisa 'membersihkan' para pecandu narkoba. Hal ini dilakukan dengan biarawan membuat ramuan herba yang dapat menginduksi muntah.

Cara ini diklaim sebagai jalan alami mengeluarkan racun-racun narkoba dari dalam tubuh.

2. Minum arang

Arang aktif (activated charcoal) dikenal memiliki sifat yang dapat menyerap racun sehingga sering dimanfaatkan sebagai obat. Belakangan populer juga berbagai suplemen bubuk arang aktif yang dapat diminum langsung.

Teorinya arang bisa dikonsumsi setiap hari sebagai suplemen untuk menyerap sisa-sisa zat berbahaya seperti pestisida atau bahan kimia lain dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

3. Cuci usus

Biasanya cuci usus dilakukan dokter sebagai persiapan untuk prosedur medis seperti kolonoskopi (prosedur memeriksa dalam usus menggunakan kamera). Tapi kemudian berkembang tren orang-orang mencoba mencuci ususnya sendiri dengan memasukkan air lewat anus untuk detoks.

Hal ini tidak dianjurkan dokter karena berisiko menyebabkan cedera seperti misalnya usus pecah.



4. Terapi lintah

Satu lagi detoks unik yang pernah dilakukan orang-orang, dengan menggunakan lintah. Hal ini dilakukan dengan cara terapis sengaja menempatkan lintah medis di daerah tubuh yang terasa sakit atau memiliki keluhan.

Lintah nantinya akan menghisap darah 'kotor' dan hal ini yang diklaim dapat membantu tubuh mengeluarkan zat beracun.

5. Direbus

Di Purbalingga, Jawa Tengah, ada terapi detoks ketergantungan narkoba yang unik di mana para pecandu direbus. Cara yang dilakukan Yayasan Pendidikan Islam Nurul Ichsan Al-Islami Syifa Ar-Ridlo di Dukuh Legoksari, Desa Karangsari, Kecamatan Kalimanah, hampir sama seperti orang merebus sayur-sayuran.

Salah satu pengelola Ahmad Ichsan Maulana yang dijuluki Kyai Godog mula-mula memanasi air di dalam drum setinggi dada. Begitu air sudah mendidih, air akan diberi ramuan-ramuan dan ragi tempe. Kemudian air dicampur air tawassul.

Selama proses perebusan, yakni 30 menit, si pasien akan duduk di kursi kecil. Sang Kyai meminta tetap tenang atau tidak takut. Tak jauh dari drum ada televisi yang dinyalakan untuk ditonton oleh si pasien selama direbus. Tujuannya agar pasien merasa enjoy berendam.

(fds/up)