Rabu, 06 Mar 2019 17:03 WIB

Healthy Lifestyle Enthusiast

Kulik Pola Makan Kenny Haryanto yang Hobi 'Gelantungan' Kayak Spiderman

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Badan kering kayak Kenny Haryanto, rahasianya bukan cuma dari olahraga aja tapi juga pola makan yang dijaga. Foto: Instagram/kennyharyanto Badan 'kering' kayak Kenny Haryanto, rahasianya bukan cuma dari olahraga aja tapi juga pola makan yang dijaga. Foto: Instagram/kennyharyanto
Jakarta - Ada yang bilang, otot itu dibentuk dari sebagian besar pola makan dan sekian persen lagi olahraga. Benar juga sih, bagaimana pun kalau ingin tubuh yang sehat ya tak hanya olahraga tapi juga diimbangi pola makan yang semakin sehat.

Misalnya Kenny Haryanto, salah satu healthy lifestyle enthusiast yang populer banget di Instagram dengan lebih dari 34 ribu pengikut. Pria yang hobi 'gelantungan' alias olahraga kalistenik (olahraga yang memanfaatkan berat tubuh sendiri) ini pun juga memulai perjalanan panjang transformasinya lewat memperbaiki pola makan lebih dulu.

"Saya tidak pakai nutrisionist, saya hanya belajar dari YouTube, saya juga mengambil sumber yang bagus," akunya kepada detikHealth.

Contoh yang jadi inspirasinya adalah dr Sam Robbins, Jeremy Ethiers, Jeffnippard, dan juga Chrisheria. Selain itu, dia juga gemar follow-follow akun Instagram yang membagikan informasi kesehatan.

"Nanti akan muncul di explore dan saya belajar oh bagaimana cara mengatur micro dan macro nutrisi yang tepat untuk tubuh," ungkap Kenny.

[Gambas:Instagram]


Dari sana juga ia belajar untuk mengatur tubuhnya agar berolahraga dengan porsi yang cukup, enggak kurang atau berlebihan. Jadinya, apa yang menjadi tujuan kita juga bisa tercapai, misalnya punya badan kekar.

Nah, tiba ke pertanyaan yang paling sering diterima Kenny, yakni soal cara membentuk otot perut yang bisa ditiru. Dengarkan baik-baik kata Kenny ya, yang penting adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh baik mikro ataupun makro lebih dahulu. Jadi bukan otot sembarang otot.

"Yang paling penting adalah protein dan kalian jangan kekurangan makanan sehingga bisa proses bulking dulu yaitu kalian makan lebih dari kebutuhan kalian dalam sehari jadi fungsinya lebih jangka panjang," tuturnya.

"Saya pengen approach adalah bagaimana mereka-mereka bisa membentuk otot sehingga metabolisme mereka lebih bagus daripada sebelumnya."

(ask/fds)
News Feed