Jumat, 08 Mar 2019 09:10 WIB

Nekat Nge-gym Saat Karantina Campak, Suami Istri Terancam Penjara

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi tetap memaksa ngegym padahal terinfeksi campak. Foto: thinkstock Ilustrasi tetap memaksa ngegym padahal terinfeksi campak. Foto: thinkstock
Jakarta - Biasanya orang-orang yang pergi ke gym peduli terhadap kesehatannya, berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun demikian pasangan suami istri dari Wisconsin, Amerika Serikat, tampaknya 'terlalu peduli' terhadap kebugaran sampai-sampai terancam hukuman penjara.

Jeffery Murawski (57) dan Christine Bennett (58) dituntut karena dianggap telah melanggar karantina campak pada April tahun lalu. Saat itu keduanya menginap di hotel di mana ada keluarga yang terinfeksi campak sehingga pihak berwenang mengeluarkan perintah karantina.



Sesuai aturan setempat orang yang dikarantina tidak boleh keluar rumah selama 21 hari dan berada di bawah pengawasan 24 jam. Namun demikian Jeffery dan Christine memutuskan untuk diam-diam menyelinap pergi ngegym. Hal ini diketahui setelah petugas pengawas memergoki keduanya keluar dari gym.

"Jeffery menyatakan dia harus keluar dari rumah karena merasa gila selama dikarantina... Pada akhirnya dia di sana cuma beberapa menit, menandakan kalau ia merasa bersalah telah memutuskan untuk keluar rumah" tulis nota pembelaan seperti dikutip dari ABC News, Kamis (7/3/2019).

Menurut pengacara, kliennya sama sekali tidak menunjukkan gejala selama karantina dan tidak pernah didiagnosa dengan campak.

Namun demikian mereka tetap dituntut karena dianggap telah melanggar hukum membahayakan masyarakat atas perbuatannya. Jeffrey dan Christine bisa dipenjara sampai 30 hari bila terbukti bersalah.

(fds/up)
News Feed