Jumat, 08 Mar 2019 23:25 WIB

16 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh

Tim detikHealth - detikHealth
16 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh/Foto: iStock
Jakarta - Buah plum merupakan buah yang banyak dibudidayakan di negara barat seperti Amerika dan Eropa. Meski buah ini belum dibudidayakan di indonesia, akan tetapi buah ini mulai popular di sebagian masyarakat indonesia.

Pasalnya, buah yang memiliki beberapa warna ini mengandung beberapa zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa zat yang terkandung pada buah plum adalah karbohidrat, protein, lemak, serat, folat, niasin, asam pantotenat, piridoksin, riboflavin, thiamin, vitamin vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, sodium, kalium, kalsium, tembaga, mangan, fosfor, selenium, seng, betakaroten, beta crypto-xanthin, dan lutein-zeaxanthin. Oleh sebab itu tidak heran apabila buah yang memiliki rasa asam manis ini memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah manfaat buah plum yang perlu Anda ketahui:



1. Menurunkan Berat Badan

Buah plum memiliki kalori yang rendah (46 kalori per 100 g) serta hanya mengandung asam lemak tidak jenuh. Oleh karena itu buah plum untuk diet sangatlah cocok. Ditambah lagi buah asam manis ini memiliki aroma yang enak dan daging yang lembut, sehingga buah ini sangat support untuk diet yang menyenangkan.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di dalam buah plum terkandung antioksidan yang berbentuk vitamin C alami dan kuat. Sehingga buah yang berdaging lembut ini diyakini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta meningkatkan resistensi terhadap infeksi penyakit dan menyangkal radikal bebas apabila buah ini dikonsumsi secara teratur.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A atau betakaroten sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata. Buah plum mengandung vitamin A yang cukup tinggi, sehingga buah ini adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin menjaga kesehatan organ mata atau orang-orang yang memiliki masalah dengan organ penglihatan.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Buah plum kaya akan antioksidan seperti lutein, cryptoxanthin, dan zeaxanthin. Zat-zat antioksidan tersebut mampu menetralkan atau menghadang radikal bebas yang akan menjadi penyebab terjadinya degenerasi sel atau yang umum disebut sebagai kanker.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Berbagai jenis mineral seperti kalium, zat besi, dan fluoride juga terkandung di dalam buah plum. Zat mineral tersebut mampu berperan dalam mengendalikan kerja jantung dan tekanan darah manusia.

6. Membantu Fungsi Pencernaan

Serat adalah zat yang tidak dapat diurai oleh manusia, akan tetapi serat sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan manusia. Mengapa demikian? Karena serat mampu membawa zat-zat sisa yang tidak dicerna oleh manusia untuk kemudian dikeluarkan melalui feses. Buah plum memiliki kandungan serat yang baik seperti sorbitol dan isatin. Maka jika Anda ingin melancarkan fungsi pencernaan, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi buah plum ini.

7. Menurunkan Risiko Kerusakan Saraf

Adanya kandungan vitamin K pada buah unik yang berasal dari western ini mampu berperan untuk menurunkan risiko kerusakan saraf pada penderita Alzheimer, apabila buah mungil ini secara rutin dikonsumsi. Selain itu juga, adanya vitamin K di dalam buah plum juga mampu menjaga fungsi otak pada manusia.

8. Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit yang tidak dapat diobati, namun dapat dikurangi risikonya atau dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk menambah darah. Buah plum mengandung zat besi, sehingga buah ini memiliki kemampuan dalam mencegah anemia.

9. Menurunkan Resiko Diabetes

Buah plum memiliki kandungan karbohidrat, namun jangan salah, meski demikian Buah ini sangat aman untuk dikonsumsi orang-orang yang ingin diet gula. Menurut beberapa penelitian, buah plum mampu menurunkan gula darah. Hal ini karena buah ini mengandung senyawa flavonoid yang mampu memberikan proteksi pada resistensi insulin serta meningkatkan sensitivitas insulin dalam darah. Adanya kandungan serat juga mampu membantu mengontrol gula dara meningkat akibat mengonsumsi karbohidrat, pasalnya serat tidak mampu dicerna oleh tubuh sehingga akan memperlambat pemecahan karbohidrat dalam tubuh menjadi gula.

Baca juga: Saus Buah Plum


10. Kesehatan Janin

Buah plum mengandung banyak zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Itulah sebabnya ahli kesehatan merekomendasikan kepada ibu hamil untuk secara rutin mengonsumsi buah ini setidaknya 2 sampai 3 buah setiap hari. Buah plum mampu menjaga kesehatan janin, juga mampu menurunkan risiko terkena penyakit, serta sangat baik untuk menutrisi kesehatan tulang dan mata janin.

11. Kesehatan Psikologis

Menurut ahli kesehatan dan gizi, buah plum memiliki manfaat untuk kesehatan psikologis manusia. Hal ini karena buah plum mampu menurunkan tingkat kecemasan dan stres, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi dalam rangka terapi mental.

16 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan TubuhFoto: iStock


12. Mencegah Osteoporosis

Adanya kandungan flavonoid di dalam buah plum dapat berperan dalam menurunkan risiko kerusakan jaringan tulang serta membantu pencegahan berbagai jenis penyakit pada tulang seperti osteoporosis.

13. Meningkatkan Kecerdasan Kognitif

Menurut beberapa penelitian, konsumsi buah plum dapat membantu menurunkan risiko peradangan pada area neurologis atau jaringan otak. Di samping itu, buah plum juga memiliki khasiat dalam meningkatkan kemampuan kognitif serta daya ingat pada otak.

14. Melancarkan Peredaran Darah

Di dalam buah plum terkandung berbagai jenis senyawa antioksidan alami yang kuat seperti betakaroten, beta crypto-xanthin, dan lutein-zeaxanthin. Zat-zat antioksidan tersebut dapat berperan untuk mencegah stres oksidatif dalam tubuh, serta melancarkan peredaran darah.

15. Menyeimbangkan Elektrolit Tubuh

Buah plum mengandung potassium yang cukup tinggi. Senyawa ini sangat baik dalam memproteksi sel serta jaringan dalam tubuh, selain itu buah plum juga bermanfaat untuk menjaga kestabilan kontraksi pada otot dan mampu menyeimbangkan beberapa zat di dalam tubuh, sehingga akan berpengaruh terhadap keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

16. Menjaga Kesegaran Kulit

Buah plum kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kulit. Jika buah ini dikonsumsi secara teratur setiap hari, maka akan mampu merangsang kulit untuk memproduksi kolagen sehingga kulit lebih terlihat kenyal, elastis, dan sehat.

Nah itu tadi sejumlah manfaat yang akan Anda peroleh apabila mengonsumsi buah plum secara rutin namun dalam batas wajar. Bagi Anda yang ingin dan tertarik membeli buah ini, Anda dapat memperolehnya di beberapa pusat perbelanjaan atau supermarket.

Namun pastikan sebelum belanja, Anda mengetahui cara memilih dan menyimpan buah impor ini. Jika Anda hendak membeli buah plum, sebaiknya memilih buah yang terlihat berserbuk putih di bagian luarnya. Hal ini menandakan bahwa buah plum tersebut tidak mengalami penanganan yang lebih dengan zat-zat kimia.

Salah satu tanda buah plum yang sudah matang adalah memiliki tekstur daging buah yang lebih kokoh dan tidak lembek serta memiliki flavor atau aroma yang sweet. Apabila Anda membeli buah plum yang sudah matang, cara penyimpanan terbaik adalah disimpan dalam lemari es. Akan tetapi apabila membeli buah plum yang setengah matang dan memiliki tekstur yang agak keras, lebih baik Anda menyimpan buah tersebut di dalam paper bag yang kemudian diletakkan pada suhu ruang untuk beberapa hari hingga buah menjadi benar-benar telah masak.


(nwy/up)