Minggu, 10 Mar 2019 17:11 WIB

Parenting ala Keluarga Jusuf Kalla, Ajarkan Kesederhanaan sampai Makan Sehat

Roshma Widiyani - detikHealth
Parenting ala Jusuf Kalla yang bisa ditiru, ajarkan kesederhanaan dan pola makan sehat. Foto: Fida/detikcom Parenting ala Jusuf Kalla yang bisa ditiru, ajarkan kesederhanaan dan pola makan sehat. Foto: Fida/detikcom
Jakarta - Sebagai salah satu figur utama di Indonesia, keluarga Wakil Presiden (wapres) Jusuf Kalla menjadi teladan masyarakat. Termasuk dalam usaha membesarkan buah hati yang kini telah memiliki kehidupan sendiri.

"Kalau diinget-inget dulu kita selalu diajarin soal kesederhanaan. Selain itu, kita dibiasakan mengonsumsi berbagai jenis makanan dengan rasa yang berbeda. Keragaman makanan membantu kelengkapan nutrisi yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak," kata Direktur Utama PT Sarana Mediktama Kemang yang mengelola Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kemang Medical Care, Muswira Jusuf Kalla, yang merupakan salah satu putri Jusuf Kalla pada Minggu (10/3/2019).


Menurut Muswira, hidup sederhana sudah diajarkan sejak kecil pada seluruh anaknya. Ajaran dari orangtua inilah yang membentuk karakter anak untuk tidak lupa bersyukur, selalu menghormati, dan menghargai tiap orang. Kehidupan dan kedudukan yang lebih baik jangan sampai mengakibatkan seseorang tinggi hati.

Terkait pola makan, menurut Muswira hal ini dilatari perbedaan orangtuanya yang berdarah Padang dan Bugis. Meja makan seperti terbagi 2 dengan jenis asupan mengindikasikan asal orangtuanya. Tentunya asupan tiap hari menyertakan sayur dan buah untuk menjamin kecukupan nutrisi harian. Keluarga Jusuf Kalla terbiasa makan sayur, buah, dan olahan pangan dengan berbagai rasa.

Bekal itulah yang kemudian digunakan Muswira untuk membesarkan keempat jagoannya. Muswira yakin, hidup sederhana dan kelengkapan nutrisi membantu anaknya menjadi generasi berkarakter positif dan produktif. Yang tentunya sanggup mengatasi berbagai tantangan zaman.

(ask/ask)