Senin, 11 Mar 2019 04:52 WIB

Tips Mengatasi Shock dan Trauma Usai Kecelakaan KRL

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Peristiwa kecelakaan sangat mungkin menyisakan trauma (Foto: Rifkianto Nugroho) Peristiwa kecelakaan sangat mungkin menyisakan trauma (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Insiden tergulingnya gerbong KRL di Jl Kebon Pedes, Tanah Sereal, Bogor pada Minggu (10/3/2019) tak hanya menyebabkan cedera fisik pada sejumlah penumpang. Shock dan trauma sangat mungkin dialami para korban.

Bahkan sang masinis, Yakub Agung, dilaporkan mengalami shock dalam perawatan di RS Salak Bogor. Dirut PT KAI Edi Sukmoro seperti diberitakan detiknews mengatakan Yakub sudah siuman setelah sebelumnya sempat pingsan.

"Dia butuh kembalilah ya, anu, sudah recover, tetep dia butuh sementara waktulah ya karena mungkin shock juga kan ya," kata Edi, dikutip dari detiknews.

Ada beberapa tips mengatasi distress usai mengalami peristiwa traumatis seperti halnya kecelakaan KRL. Berikut beberapa di antaranya, dikutip dari berbagai sumber.



1. Cerita pada teman
Curhat sepertinya cukup efektif bagi banyak orang. Menceritakan dengan detail peristiwa yang terjadi, apa saja yang dirasakan, dan kekhawatiran-kekhawatiran yang masih tersisa, lebih baik dicurahkan daripada dipendam sendirian.

2. Jalankan rutinitas seperti biasa
Shock membuat perilaku seseorang berubah, salah satunya kehilangan selera makan. Jatuh sakit karena terlambat makan kadang-kadang justru memperburuk trauma. Apabila memungkinkan, misalnya tidak ada cedera serius, usahakan tetap menjalani hidup senormal mungkin.



3. Olahraga
Percaya atau tidak, aktivitas fisik seperti olahraga adalah hal positif yang bisa mengalihkan perhatian dari ingatan-ingatan traumatis. Di samping itu, tubuh yang bugar akan mempermudah proses berdamai dengan suatu peristiwa.

4. Beri waktu pada diri sendiri
Untuk kembali 'normal' sehabis mengalami peristiwa traumatis, memang tidak selalu mudah. Jika belum bisa, maka tidak masalah. Beri waktu pada diri sendiri untuk belajar menerima dan memaknai apa yang telah terjadi.




Tonton juga video Tak Kenal Lelah Berupaya Evakuasi KRL yang Terguling:

[Gambas:Video 20detik]


Tips Mengatasi Shock dan Trauma Usai Kecelakaan KRL
(up/ask)