Senin, 11 Mar 2019 16:45 WIB

Hipertensi Juga Menyerang Usia 10 Tahun, Menkes Tekankan Penanganan Dini

Rosmha Widiyani - detikHealth
Hipertensi juga menyerang anak-anak (Foto: iStock) Hipertensi juga menyerang anak-anak (Foto: iStock)
Jakarta - Hipertensi atau tekanan darah tinggi sebetulnya mulai bisa ditemukan pada usia 3 tahun. Namun jumlah kasus penyakit ini mulai menunjukkan peningkatan ketika anak menginjak usia 10 tahun.

Dalam data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), rasio penderita hipertensi pada usia 10-14 tahun hampir 2 kali penyakit infeksi. Hipertensi pada usia muda berisiko memberi dampak jangka panjang yang merugikan pada kehidupan anak.

"Jika sudah hipertensi, maka anak harus mendapat penanganan sejak dini. Selain perubahan pola hidup, anak juga harus minum obat jika diperlukan sesuai resep. Jangan sampai masuk dalam kelompok yang tingkat kepatuhannya rendah," kata Menteri Kesehatan Nila Moeloek pada Rapat Kerja Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan (Litbangkes), Senin (11/3/2019).



Hipertensi pada anak bisa saja diakibatkan pola hidup yang buruk dalam periode tumbuh kembang. Faktor risiko lain adalah minimnya pemenuhan gizi sejak dalam kandungan atau selama 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Selain hipertensi, anak juga berisiko mengalami penyakit tidak menular (PTM) lain misal diabetes.

Nila kembali mengingatkan pentingnya pencegahan hipertensi dan PTM lain. Bagi anak dan orang dewasa hal ini merujuk pola hidup sehat yang meliputi rajin olahraga, makan sayur, dan tidak merokok. Sementara bagi ibu hamil hal ini ditambah rajin kontrol, sehingga bayi bisa lahir dalam kondisi sehat beserta ibunya.

(up/up)
News Feed