Senin, 11 Mar 2019 23:22 WIB

Melihat Langsung Pria Jatuh di PIM 2 Bisa Picu Trauma

Widiya Wiyanti - detikHealth
Pengunjung mal yang menyaksikan aksi bunuh diri bisa dibayangi trauma (Foto: iStock) Pengunjung mal yang menyaksikan aksi bunuh diri bisa dibayangi trauma (Foto: iStock)
Jakarta - Pondok Indah Mall (PIM) 2 dibuat geger oleh aksi pria berbaju hitam yang jatuh dari lantai 3. Kapolres Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar menyebutnya sebagai percobaan bunuh diri.

Tidak sedikit pengunjung mal yang melihat aksi nekat pria tersebut. Salah satunya adalah Naomi yang sangat terkejut melihat kejadian yang terjadi pada Senin (11/3) sore.

"Walaupun hanya ngeliat dari jauh aku trauma jadinya. Ini sekarang masih terbayang. Mungkin nggak mau ke PIM dulu dalam waktu dekat ini," ujarnya kepada detikHealth, Senin (11/3/2019).



Psikolog klinis dari Personal Growth, Veronica Adesla MPsi mengatakan bahwa semakin orang menyaksikan langsung kejadian seperti itu, maka semakin besar kondisi psikologisnya rentan mengalami trauma, apalagi bagi yang sudah mengalami gangguan psikologis sebelumnya.

"Semakin yang bersangkutan menyaksikan langsung, semakin mengerikan dan semakin banyak yang dilihat atau didengar, serta berada dalam kondisi psikologis yang tidak optimal atau rentan, misalnya memiliki gangguan cemas atau pernah mengalami trauma sebelumnya, maka semakin besar potensi yang bersangkutan mengalami trauma berat hingga PTSD (Post Traumatic Stress Disorder), sebaliknya," jelas wanita yang akrab disapa Vero ini.

Vero menambahkan, semakin lama atau banyak seseorang melihat kejadian seperti itu, maka trauma yang dirasakan pun akan semakin berat.

Sementara menurut Benny Prawira, pendiri Komunitas Into The Light Indonesia, seberapa berat trauma yang bisa dialami seseorang yang melihat kejadian tersebut bergantung pada seberapa kuat dirinya.

"Tergantung masing-masing individu. Sama kayak kondisi kejiwaan lainnya, kerentanan dan kekuatan masing orang beda-beda," tandasnya.





Tonton video Pria Jatuh dari Lantai 3 PIM 2, Diduga Berencana Bunuh Diri:

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)