Kamis, 14 Mar 2019 11:35 WIB

5 Tanda Kecanduan Medsos, Salah Satunya Ikut Panik Saat IG dan FB Tumbang

Firdaus Anwar - detikHealth
Apakah kamu merasa punya tanda-tanda orang yang kecanduan media sosial? (Foto: Shutterstock) Apakah kamu merasa punya tanda-tanda orang yang kecanduan media sosial? (Foto: Shutterstock)
Jakarta - Saat ini hampir semua orang yang memiliki smartphone menggunakan media sosial. Kemudahan akses informasi dan komunikasi membuat banyak orang bergantung pada media sosial bahkan hingga pada titik tidak sehat.

Sebagai contoh belakangan dikabarkan layanan Instagram dan Facebook sempat tumbang, dan mungkin saja beberapa di antara kita panik karenanya. Hal itu menurut ahli bisa jadi tanda-tanda seseorang sudah kecanduan media sosial.

Beberapa penelitian melihat kalau media sosial bisa membuat kecanduan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan mental. Hal ini terutama berlaku pada anak-anak dan remaja, generasi yang lebih akrab dengan teknologi.

Lengkapnya berikut penjelasan tanda-tanda seseorang sudah kecanduan media sosial:



1. Cek newsfeed tiap 5 menit

Ketika kamu kerap mengecek berita terbaru di ranah media sosial demi mengetahui apa yang tengah terjadi dengan teman di dunia maya, bisa jadi kamu tengah kecanduan. Psikiater dr Suzy Yusna Dewi, SpKJ(K), menyebutnya sebagai kondisi FOMO alias Fear of Missing Out.

"Terlalu sering update status, mengubah keterangan dan mengganti foto profil seolah ingin selalu muncul di timeline adalah perilaku yang perlu diwaspadai sebagai gejala kecanduan media sosial," kata dr Suzy.

2. Rajin swafoto

Kalau kamu merasa kehilangan saat tidak menyempatkan diri swafoto atau foto makanan untuk diunggah ke media sosial, hal tersebut juga bisa jadi tanda kecanduan media sosial.

"Perilaku pamer foto makanan di Instagram adalah hal yang biasa-biasa saja, wajar. Perilaku itu baru dianggap kelainan jika seseorang tidak melakukannya maka ia langsung pusing atau merasa ada sesuatu yang kurang," tutur psikolog klinis Anna Surti Ariani M.Psi.

3. Cemas luar biasa

Cemas yang luar biasa atau bahkan sampai panik ketika kamu kehilangan akses ke media sosial, apakah karena ponsel tertinggal atau internet mati, juga merupakan salah satu tanda kecanduan.

Orang yang kecanduan media sosial akan merasa cemas atau panik karena khawatir melewatkan kabar penting di media sosialnya.

4. Bersaing update

Salah satu tanda kecanduan media sosial yang kerap tak disadari yakni merasa harus menyamai teman kamu di media sosial yang sering memposting sesuatu. Misalnya seberapa sering mereka checkin di suatu tempat atau seberapa banyak swafoto yang mereka ambil.

5. Menarik diri dari pergaulan sosial

Media sosial awalnya diciptakan untuk mempermudah orang-orang berhubungan satu sama lain di dunia maya. Namun demikian kalau penggunaannya malah sampai membuat kamu jadi menarik diri dari pergaulan di dunia nyata, itu artinya kamu sudah mulai kecanduan media sosial.

"Orang yang kecanduan media sosial meski tetap bersosialisasi lewat internet tetapi kalau tidak bergaul di dunia nyata maka hal itu tidak bisa dibilang sehat," kata dr Suzy.

(fds/up)