Kamis, 14 Mar 2019 18:28 WIB

4 Pertolongan Pertama untuk Lidah Kepedasan

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi makan pedas. Foto: shutterstock Ilustrasi makan pedas. Foto: shutterstock
Jakarta - Ketika cabai yang dikonsumsi terlalu pedas, lidah bisa terasa seperti terbakar. Rasa pedas ini muncul berkat reaksi reseptor yang ada di lidah kita terhadap senyawa kimia capsaicin pada cabai.

Meski rasa pedas ini bisa disukai oleh banyak orang, tahukah kamu kalau capsaicin sebetulnya dikategorikan sebagai racun saraf (neurotoksin). Terlalu banyak mengonsumsi cabai bisa mengiritasi membuat masalah pada saluran cerna.

Nah bagaimana caranya agar pedas di lidah cepat mereda? Berikut rangkuman detikHealth dari berbagai sumber:

Minum susu bisa redakan pedas di lidah.Minum susu bisa redakan pedas di lidah. Foto: Shutterstock


1. Susu

Peneliti di New Mexico State University's Chile Pepper Institute menemukan cara cepat yang bisa dilakukan untuk meredakan pedas yakni minum susu. Dalam studinya, peneliti menemukan bahwa protein dalam susu bisa menggantikan senyawa kimia yang membuat cabai terasa pedas dan menimbulkan sensasi panas serta terbakar.

"Capcaisin adalah senyawa kimia yang ditemukan dalam cabai yang membuatnya terasa pedas dan panas. Nah, susu memiliki kandungan protein yang bisa menggantikan capcaisin di reseptor lidah Anda. Sehingga, kami menyebut minum susu adalah cara tercepat untuk meringankan kepedasan dan sensasi terbakar yang muncul," kata Paul Bosland, direktur Chile Pepper Institute.

2. Air hangat

Ahli pencernaan dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, menganjurkan agar seseorang minum air putih hangat. Alasannya karena air putih hangat dapat membantu dengan mengencerkan kandungan capsaicin.

Walaupun dalam sesaat konsumsi air hangat seperti membuat rasa pedas bertambah. Menurut dr Ari, efek pengencer yang dimiliki oleh air bersuhu hangat lebih baik dibandingkan air dingin.

Namun menurut dr Ari minum air hangat ini tidak cocok bila pedas disebabkan konsumsi makanan yang berminyak.

Semangkuk es krim bisa melawan kepedasan.Semangkuk es krim bisa melawan kepedasan. Foto: iStock

3. Gula

Saat berusaha melawan pedas coba isi mulut kamu dengan makanan tinggi gula menyegarkan seperti misalnya es krim. Hal ini dilakukan untuk melawan respons pedas dari capsaicin dengan 'menibannya' dengan respons indra perasa lain.


4. Jus asam

Jus buah-buahan yang asam juga bisa membantu kamu meredakan pedas. Prinsipnya sama seperti sebelumnya yaitu untuk melawan sensasi pedas dan juga menipiskan capsaicin di lidah.

(fds/up)