Jumat, 15 Mar 2019 13:11 WIB

5 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

Ayunda Septiani - detikHealth
Manfaat kesehatan dari tertawa. Foto: Lars Dareberg/Ombrello/Getty Images Manfaat kesehatan dari tertawa. Foto: Lars Dareberg/Ombrello/Getty Images
Jakarta - Banyak yang bilang, tawa adalah obat yang paling mujarab untuk segala penyakit. Tampaknya hal ini tidak sekedar kiasan saja lho. Ternyata tertawa tidak hanya membuat orang senang tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari Life Hack, 5 manfaat tertawa ini katanya baik untuk kesehatan, loh. Kira-kira apa saja ya?



1. Merilekskan saraf dan otak

Tertawa bisa memberikan efek anti stres selama 30 - 45 menit pada tubuh, otak, dan sistem saraf manusia. Tawa akan memicu hormon anti stres dan anti depresi seperti kortisol dan endorfin sehingga membantu sistem saraf menjadi rileks dan tenang.


2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tertawa ditengarai mampu melepaskan sel pembunuh yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa tertawa bisa menguatkan sistem imun dan bahkan bisa digunakan dalam memerangi kanker.

3. Meredakan stres kerja

Tertawa juga bisa meredakan depresi dan stres yang disebabkan oleh gaya hidup. Misalkan ketika kamu mengalami stres saat bekerja atau mengalami depresi akibat masalah yang menumpuk. Dengan tawa, kamu bisa mengurangi stres dan depresi tersebut.



4. Membantu penyembuhan diabetes

Tertawa juga memiliki manfaat yang hebat bagi kamu yang memiliki penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi. Penelitian mengungkap bahwa tawa bisa membantu pasien diabetes dan hipertensi menjadi lebih sehat.

Obat-obatan yang dipadukan dengan terapi tertawa bisa memberikan hasil yang lebih maksimal terhadap pasien diabetes dan hipertensi.

5. Baik untuk calon ibu dan janin

Dr Shilpa Apte dari Appolo Cradle, juga mengungkap efek tawa pada calon ibu dan janin dalam kandungannya. Tawa yang dialami ibu bisa memberikan efek yang positif pada bayi yang dikandungnya.

Ketika ibu bahagia dan sering tertawa, maka tingkat stres yang dirasakan calon ibu juga menurun. Dengan begitu, hal ini akan membantu pertumbuhan bayi dalam kandungannya. Kebanyakan pertumbuhan bayi terhambat jika ibu mengalami stres saat hamil.

Nah, gimana detikers? Apakah kamu termasuk orang yang suka tertawa?


Simak Juga "Hati-hati, Tertawa Terlalu Keras Bisa Sebabkan Kematian!":

[Gambas:Video 20detik]

5 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan
(ask/ask)
News Feed