Sabtu, 16 Mar 2019 17:45 WIB

Alasan Lain untuk Tak Ikutan Share Video Penembakan New Zealand

Rosmha Widiyani - detikHealth
Salah satu tujuan aksi teror adalah menyebar ketakutan (Foto: Reuters) Salah satu tujuan aksi teror adalah menyebar ketakutan (Foto: Reuters)
Jakarta - Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan himbauan untuk tidak menyebarkan video penembakan brutal di New Zealand. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan akan memantau dan mengupayakan maksimal penapisan video.

"Sudah sekitar 500 posting yang ditapis dari berbagai platform sampai sore ini," kata Rudiantara dikutip dari detikNews pada Jumat (15/3/2019).



Dalam salah satu wawancara dengan detikHealth, psikiater dari RS OMNI Alam Sutera de Andri SpKJ juga mengingatkan tidak ikut menyebarkan jejak terorisme. Penyebaran jejak berupa foto dan video justru membantu tercapainya tujuan utama pelaku teror.

"Mengapa mereka bisa menyebarkan teror? Karena mereka menyebarkan ketakutan yang merupakan hal paling mendasar yaitu takut mati," kata dr Andri.

Menurut dr Andri, sekadar ikut menyebarkan berita sebetulnya sudah ikut serta dalam pencapaian tujuan terorisme untuk menyebarkan ketakutan. dr Andri kembali menyarankan untuk mempertimbangkan ulang dan tidak asal share berbagai konten dalam media sosial.


Simak Juga ' Salahkan Muslim di Teror New Zealand, Senator Australia Diceploki Telor ':

[Gambas:Video 20detik]


Alasan Lain untuk Tak Ikutan Share Video Penembakan New Zealand
(up/up)
News Feed