Minggu, 17 Mar 2019 16:33 WIB

Kalau Sandi Uno Suka Lari, Ma'ruf Amin Hobi Jalan Kaki

Rosmha Widiyani - detikHealth
Selain menghindari gula dan makanan pedas, Maruf Amin juga hobi jalan kaki lho. Foto: Pradita Utama Selain menghindari gula dan makanan pedas, Ma'ruf Amin juga hobi jalan kaki lho. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Ma'ruf Amin maju sebagai Calon Wakil Presiden dalam usia yang tak lagi muda yaitu 75 tahun. Meski begitu, Ma'ruf yang baru berulang tahun ke-76 terbukti mampu menjalankan padatnya kegiatan kampanye dan aktivitas sehari-hari. Hal ini membuktikan kesehatan Ma'ruf Amin yang sangat baik hingga mampu menjalankan kesibukan setiap hari.

Pimpinan Pondok Pesantren An Nawawi Tanara ini ternyata punya tips sehat yang sudah dijalankannya dalam waktu lama. Dikutip dari CNN Indonesia, Ma'ruf selalu menyempatkan diri jalan kaki usai Salat Subuh. Dia kerap jalan kaki keliling komplek kediamannya di Koja, Jakarta Utara atau pondok pesantrennya yang berlokasi di Serang, Banten.

Untuk asupan setiap hari, Ma'ruf diketahui menghindari gula dan makanan pedas. Ma'ruf juga rutin minum madu hitam dan air hangat tiap pagi sebelum beraktivitas. Di musim kampanye asupan tersebut rutin dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan staminanya setiap saat.



Dikutip dari situs Prevention, jalan kaki 30 menit sehari terbukti efektif menjaga kesehatan. Jalan kaki merangsang kerja usus di pagi hari sehingga lancar buang air tanpa sembelit. Olahraga yang aman untuk siapa saja ini juga mampu membakar kalori dan mencegah hilangnya massa otot. Manfaat lain adalah mencegah varises, karena jalan kaki memperkuat sistem aliran darah di pembuluh vena yang terletak di kaki bagian bawah.

Selain itu, American Diabetes Association mencatat jalan kaki mampu mencegah diabetes dengan menurunkan kadar gula darah. Jalan kaki memperbaiki respon tubuh terhadao insulin yang akan mengurangi lemak perut.



(wdw/wdw)
News Feed