Rabu, 20 Mar 2019 11:45 WIB

Pantesan Jadi Galak Saat Lapar, Pola Makan Bisa Pengaruhi Mood

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Telat makan bikin mood nggak keruan (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom) Telat makan bikin mood nggak keruan (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)
Topik Hangat Lapar Jadi Galak
Jakarta - Istilah hangry hanya mewakili salah satu pengaruh isi perut terhadap mood atau suasana hati. Singkatan dari hungry atau lapar dan angry alias marah-marah.

Para ilmuwan sejak lama mempelajari pengaruh pola makan dengan sisi kejiwaan seseorang. Bahkan, berpengaruh pula pada komposisi biokimia di dalam tubuh yang berdampak pada keseimbangan hormon stres.

Beberapa fakta tentang pengaruh pola makan terhadap mood bisa disimak sebagai berikut, dirangkum dari berbagai sumber.



1. Sayur dan buah-buahan mencegah depresi
Diet Mediterrania adalah diet yang kaya sayur dan buah-buahan, juga ikan dan minyak nabati. Selain baik untuk jantung dan mengurangi risiko inflamasi, diet ini diketahui bisa mencegah depresi. Pantesan jadi bahagia kalau habis piknik ke Swedia!

2. Junk food memicu stres!
Depresi kerap berawal dari stres yang terakumulasi. Makanan-makanan tinggi gula dan lemak seperti kebanyakan junk food bisa meningkatkan risiko tersebut.

3. Pengaruhnya bisa tertunda
Makan tidak sehat hari ini, pengaruhnya bisa muncul 1-2 hari ke depan. Bad mood kerap muncul 2 hari setelah banyak mengonsumsi kalori, lemak jenuh, dan garap natrium.



4. Sebaliknya, mood juga berpengaruh
Pernahkah mengalami peningkatan nafsu makan saat sedang galau? Hal yang sama juga bisa terjadi saat terlalu bahagia. Keduanya, mood positif maupun negatif, sama-sama bisa berpengaruh pada pola makan.

5. Rasa makanan juga terpengaruh
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mood positif bisa memperkuat kemampuan lidah mengecap rasa manis dan mengurangi sensitivitasnya terhadap rasa asam. Sebaliknya, mood negatif membuat lidah jadi lebih kebal terhadap rasa manis. Tak heran bila saat sedih, seseorang jadi lebih banyak makan donat.



Pernahkah mengalami perubahan mood gara-gara urusan makanan, atau sebaliknya? Ceritakan di komentar. (up/wdw)
Topik Hangat Lapar Jadi Galak
News Feed