Rabu, 20 Mar 2019 16:27 WIB

WHO Asia Tenggara Berpesan Agar Orang Indonesia Lebih Rajin Olahraga

Firdaus Anwar - detikHealth
Dr Poonam menganjurkan lebih banyak orang Indonesia yang aktif secara fisik. (Foto: Firdaus Anwar/detikHealth) Dr Poonam menganjurkan lebih banyak orang Indonesia yang aktif secara fisik. (Foto: Firdaus Anwar/detikHealth)
Jakarta - Direktur Regional World Health Organization (WHO) Asia Tenggara Dr Poonam Khetrapal Singh pada Rabu (20/3/2019) menyempatkan diri untuk berkunjung ke Puskesmas Jatinegara, Jakarta Timur. Tujuannya untuk melihat langsung bagaimana situasi pelayanan kesehatan masyarakat di Indonesia.

Dalam kunjungannya Dr Poonam yang sempat berbincang dengan beberapa pasien dan petugas rumah sakit menemukan kalau angka penyakit tidak menular di Indonesia cukup tinggi. Sebagai contoh hipertensi yang bisa berujung pada penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung hingga stroke.

"Harus ada perhatian lebih dalam upaya preventif penyakit tidak menular... Ketika kita berbicara hipertensi, olahraga jadi hal penting," kata Dr Poonam saat ditemui di Puskesmas Jatinegara.



Olahraga paling sederhana yang bisa dimulai orang-orang adalah dengan memperbanyak jalan kaki. Menurut Dr Poonam dengan berjalan setengah sampai satu kilometer dalam sehari saja sudah cukup membantu menjaga kondisi kesehatan.

"Di WHO pada masanya ada satu slogan 'bergerak untuk kesehatan'. Jadi kalau kamu melihat ada tangga, naik tangga jangan pakai lift. Mulai dari hal yang mudah, daripada kamu berencana pergi ke gym lalu gagal karena menyita waktu setiap hari," lanjut Dr Poonam.

"Jadi lebih banyak advokasi gaya hidup sehat, lebih banyak pelatihan, beritahu orang-orang apa yang baik untuk kesehatan," pungkasnya.

(fds/up)
News Feed