Kamis, 21 Mar 2019 06:05 WIB

Mau Punya Anak Lebih dari 2? Simak Dulu Saran dari Ahlinya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Mau punya anak lebih dari dua? Foto: thinkstock Mau punya anak lebih dari dua? Foto: thinkstock
Jakarta - Menentukan jumlah anak dalam suatu keluarga sejatinya adalah hak tiap penduduk Indonesia. Idealnya, keluarga berhak memiliki jumlah anak lebih dari 2 asal mampu memenuhi kebutuhannya. Namun, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) punya saran lain bagi keluarga Indonesia.

"Bukan jumlah anaknya, karena kami tak melarang keluarga yang ingin punya anak lebih dari 2. Namun aturlah jarak kelahiran 3-5 tahun, jangan terlalu dekat atau jauh demi tumbuh kembang anak," kata Kepala Biro Perencanaan BKKBN Siti Fathonah pada Rabu (20/3/2019).



Menurut Siti, wanita yang menikah pada usia 21 tahun biasanya punya anak pertama di 22 tahun. Bila keluarga tersebut nantinya punya 3 anak, maka istri akan melahirkan buah hati bungsunya di usia 35 tahun. Saat itu, wanita biasanya berpikir ulang untuk punya anak lagi karena risiko kehamilan yang semakin meningkat. Dengan pertimbangan ini, maka keluarga akan memutuskan tak lagi punya anak.

Siti juga menyinggung penggunaan kontrasepsi untuk perencanaan keluarga. Laporan awal Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2017 menyatakan, sebaran penggunaan kontrsepsi modern pada wanita kawin mencapai 57 persen. Menurut Siti, angka ini kurang dari target nasional sebesar 61 persen. Menurut Siti bukan hal mudah mencapai target tersebut meski angkanya tidak besar.

"Keluarga sekarang jangan egois. Ingat anak ini nantinya akan berkompetisi untuk mendapat penghidupan dan kesejahteraan yang baik. Orangtua bisa membantu anak memaksimalkan potensinya," kata Siti.



(up/up)