Kamis, 21 Mar 2019 10:00 WIB

Teriris Kulit Udang, Wanita Ini Alami Kegagalan Fungsi Organ Lalu Tewas

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Gara-gara mengupas kulit udang, nyawa melayang (Foto: iStock) Gara-gara mengupas kulit udang, nyawa melayang (Foto: iStock)
Jakarta - Banyak orang yang doyan makan seafood, tapi kadang-kadang kamu perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengupas kulit dan cangkangnya kemudian mencucinya dengan bersih. Memang sedikit merepotkan, tapi persiapan ini sepadan dengan menikmati daging seafood yang segar. Yum!

Tapi selalu berhati-hati saat ingin mengupas cangkang atau kulitnya. Sebab, seorang wanita yang berasal dari Cina dilaporkan meninggal dunia karena jarinya tidak sengaja teriris kulit udang.

Dikutip World of Buzz dari Apple Daily, wanita berusia 60 tahun dari Guannan di Provinsi Jiangsu itu secara tidak sengaja mengiris jari tengah kanannya dengan kulit ekor udang ketika dia sedang membersihkannya.

Awalnya, ia hanya merasa sedikit nyeri dan menganggap goresan itu hal yang biasa. Pada keesokan harinya, ia menyadari jari yang teriris membengkak tapi tetap tidak melakukan apa-apa. Setelah dua hari setelah kejadian, ia mengalami demam dan tubuh bagian bawahnya juga mulai membengkak.



Ketika itu, pihak keluarga panik dan segera membawanya ke rumah sakit. Betapa terkejutnya ketika dokter mendiagnosa wanita ini mengalami sepsis syok dan beberapa organnya telah mengalami gagal fungsi.

Dokter telah berusaha menyelamatkan nyawa wanita itu, sayangnya setelah 10 hari dirawat di rumah sakit dia meninggal dunia.

"Dokter mengatakan bahwa ada kecurigaan dia terinfeksi Vibrio vulnificus, bakteri langka namun mematikan dengan tingkat kematian yang sangat tinggi. Bakteri berbahaya ini ditemukan di lingkungan laut dan dapat dikontrak dari memakan kerang mentah atau kurang matang dan kulit yang terluka yang terpapar bakteri," demikian dikutip situs tersebut.

Selain itu, ia juga mengidap penyakit hati yang memperburuk infeksinya dan membuatnya lebih rentan terhadap bakteri. Dilaporkan bahwa ketika infeksi memburuk menjadi septikemia, angka kematian meningkat menjadi 50 persen. Mayoritas orang yang mengalami keadaan ini meninggal dalam 48 jam pertama infeksi.

Ini tentu insiden yang sangat menakutkan. Tetap berhati-hati saat mengupas kulit udang.



Teriris Kulit Udang, Wanita Ini Alami Kegagalan Fungsi Organ Lalu Tewas
(kna/up)
News Feed