Kamis, 21 Mar 2019 12:57 WIB

Grup Media Sosial Ini Bisa Dibayar untuk Memberikan Kamu Pujian

Firdaus Anwar - detikHealth
Ada grup di media sosial yang bisa disewa untuk memberikan kamu pujian. (Foto: BBC World) Ada grup di media sosial yang bisa disewa untuk memberikan kamu pujian. (Foto: BBC World)
Jakarta - Apa yang sebetulnya kamu cari ketika menggunakan media sosial? Beberapa orang mungkin ada yang sengaja menggunakan media sosial untuk mencari 'kebahagiaan' lewat berbagai reaksi dari netizen.

Terkait hal tersebut di China saat ini muncul tren kelompok pujian yang dikenal dengan sebutan kua kua. Kelompok yang terdiri dari berbagai pengguna media sosial tersebut sesuai namanya dapat disewa untuk memberikan seseorang pujian dan dukungan moril.



Dilaporkan oleh ABC Australia, grup kua kua populer di media sosial seperti WeChat dan QQ yang dimiliki oleh perusahan teknologi raksasa Tencent. Beberapa grup ada yang dibentuk secara spesifik untuk memberikan pujian pada kelompok tertentu seperti para ibu baru, pengusaha, mahasiswa, hingga jomlo.

"Saya tidak bisa fokus membaca buku," contoh pernyataan dari orang yang menyewa grup.

"Itu berarti pengetahuan kamu sudah jauh lebih tinggi dari buku itu," balas anggota grup lain.

Meski pujian tersebut tidak berarti tulus karena bayaran, kenyataan bahwa grup seperti kua kua populer dikomentari psikolog Tim Sharp dari Happiness Institute kemungkinan karena kebutuhan manusia untuk bersosialisasi. Di era digital kebutuhan sosial banyak orang kini mulai bergeser dari offline ke online.

"Kita adalah hewan sosial dan didesain secara genetik untuk berhubungan dengan satu sama lain, merasa jadi bagian dalam satu kelompok," kata Tim seperti dikutip dari ABC Australia, Kamis (21/3/2019).

"Oleh karena itu menerima pujian, jadi indikasi bahwa kita dengan satu cara atau lainnya dipandang positif oleh orang lain. Dan hal ini bisa membuat seseorang merasa senang," pungkasnya.

Kalau menurut detikers, apa pandangan kamu tentang tren jasa pujian bayaran di media sosial ini?

(fds/up)