Sabtu, 23 Mar 2019 06:25 WIB

Jangan Jorok! 6 Bagian Tubuh ini Sering Terlupakan Saat Mandi.

Ayunda Septiani - detikHealth
Mandi harus totalitas, jangan ada yang tidak dibersihkan (Foto: Thinkstock) Mandi harus totalitas, jangan ada yang tidak dibersihkan (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Mandi tak hanya jadi salah satu kesempatan membersihkan diri, tetapi juga menjadi saat favorit di mana kamu bisa berelaksasi dengan santai.

Tetapi, tahukah kamu, meskipun ini kegiatan yang termasuk lumrah, atau dengan kata lain sudah pasti dilakukan oleh semua orang, masih saja ada beberapa bagian yang kurang diperhatikan selama membersihkan diri.

Entah karena terburu-buru, lupa, atau karena menganggapnya nggak penting, bagian tubuh ini sering kali tidak kamu bersihkan saat mandi. Dikutip dari Pop Sugar, 6 Bagian ini sering terlupakan saat mandi.



1. Telinga

Siapa yang begitu melihat bagian tubuh yang satu ini langsung teringat bahwa kalian jarang menyentuhnya selama mandi? Daerah telinga adalah daerah yang sangat penting apalagi bagian belakang telinga.

Banyak debu selama kita beraktivitas yang seringkali tidak kita sadari menempel di daun telinga. Ketombe, minyak dari rambut juga menempel di bagian belakang telinga. Belum lagi keringat selama kalian beraktivitas. Pasti banyak sekali kotoran menumpuk di sana.

Bayangkan kalau kalian tidak sering membersihkannya? Seberapa tebal kira-kira kotoran yang ada di sana? Coba sekarang dicek telinganya, hehe.

2. Leher

Leher seringkali lupa digosok. Mengapa? Karena merupakan perbatasan antara kulit wajah dengan kulit tubuh. Kita cenderung hanya menyabuni sampai bagian bawah leher, atau paling jauh sampai pertengahan leher.

Padahal bagian tubuh yang bertekstur lebih tipis dari kulit tubuh ini juga sering jadi sasaran bakteri dari keringat dan debu-debu yang menempel selama beraktivitas. Mulai sekarang apabila kamu mandi, gosoklah secara perlahan dengan sponge mandi untuk meluruhkan kotoran-kotoran yang telah bertumpuk seharian di sana.

3. Ketiak

Bagian ini adalah bagian yang cukup vital sehingga memang perlu dibersihkan dengan lebih seksama. Sayangnya banyak orang menganggap remeh bagian ini. Ketiak adalah daerah siku yang lembab, sering berkeringat dan bergesekan selama dalam keadaan terkatup.

Banyak bakteri yang bisa berkembang dari sana. Terlebih lagi, karena lembab, keringat yang bertumpuk di ketiak lebih banyak, dan ketika bersatu dengan bakteri, bau yang ditimbulkannya bisa sangat semerbak lho.



4. Punggung atas

Sebenarnya sudah ada alat yang diciptakan untuk mengatasi ini, yaitu semacam alat gosok yang bisa menyentuh bagian atas punggungmu yang tak bisa tersentuh oleh tangan. Jadi nextnya, kamu jangan lupakan bagian ini lagi ya detiekrs.

5. Bawah lutut

Bagian bawah lutut termasuk bagian yang tidak bisa kita lihat dengan jelas apakah bagian tersebut kotor atau tidak. Hal ini membuat kita menganggapnya tidak penting untuk dibersihkan.

Nah, setelah kamu baca ini, setidaknya kamu tidak melupakan bagian tubuh ini lagi.

6. Selangkang paha

Menggosok bagian dalam paha sama pentingnya seperti menggosok ketiak. Daerah selangkang sering kali luput dari penggosokkan, sehingga kotoran menumpuk di daerah tersebut. Jadi, jika kamu ingin tampil percaya diri di depan pasangan jangan lupa untuk menggosoknya.

7. Kaki

Kaki merupakan bagian bawah tubuh yang paling sering terkena debu, karena selalu berpijak di tanah. Setiap kali mandi jangan lupa untuk selalu menggosok kaki dan kuku, sehingga kamu akan lebih percaya diri saat mengenakan sandal.

(up/up)