Senin, 25 Mar 2019 10:02 WIB

Biar Nggak Bingung Pilih Capres-Cawapres, Ini Pesan Peneliti Kesehatan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Perang program di Pilpres 2019 (Foto: Grandyos Zafna) Perang program di Pilpres 2019 (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres) saat ini memasuki masa kampanye terbuka. Masyarakat bisa melihat langsung pasangan calon (paslon) menjelaskan visi dan misinya.

Masyarakat bisa mengetahui lebih detail visi dan misi paslon dalam berbagai bidang termasuk kesehatan. Hal ini bisa menjadi pertimbangan sebelum menentukan pilihan.

"Program kedua paslon sebetulnya nyaris sama, tanpa ada sesuatu yang benar-benar baru. Pesan saya perhatikan program kesehatan yang bersifat pencegahan dan promotif," kata peneliti Lembaga Kajian dan Konsultasi Pembangunan Kesehatan (LK2PK) Halik Malik.



Program pencegahan bisa berupa ajakan penerapan pola hidup sehat. Misal rutin olahraga yang terbukti bisa menurunkan risiko berbagai penyakit. Program lainnya adalah keseimbangan nutrisi dalam asupan setiap hari. Pemenuhan gizi sesuai kebutuhan mencegah obesitas, yang menjadi akar berbagai penyakit.

Halik mengingatkan, usaha kesehatan tidak hanya pengobatan atau kuratif. Dalam beberapa jenis penyakit, usaha kuratif memerlukan dana yang tidak sedikit. Usaha preventif yang lebih murah dan efektif harus menjadi prioritas utama.

Tentunya program tersebut harus disampaikan dengan jelas, sehingga mudah dimengerti masyarakat. Misal dengan menggunakan visualisasi yang menarik.




Biar Nggak Bingung Pilih Capres-Cawapres, Ini Pesan Peneliti Kesehatan
(up/up)