Senin, 25 Mar 2019 12:53 WIB

Butet Kartaredjasa Pasang Ring Jantung, Fungsinya untuk Apa?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Terdapat beberapa kondisi yang membutuhkan pemasangan ring seperti Butet Kartaredjasa. (Foto: Butet Kartaredjasa (Foto: Ari Saputra/detikcom))
Jakarta - Sesaat setelah ambruk di tengah pementasan 'Kanjeng Sepuh', pemain teater Butet Kartaredjasa dilarikan ke rumah sakit. Sang adik, Djaduk Ferianto menuturkan Butet sudah melakukan operasi.

"Butet sudah dioperasi dan ditambah ringnya 4 cincin," ujarnya saat dihubungi detikcom.



Spesialis jantung, dr Vito A Damay, SpJP (K) mengatakan pemasangan ring jantung dilakukan untuk terapi. Terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang membutuhkan pemasangan ring yakni ketika pembuluh darah koroner pada jantung menyempit karena proses yang disebut aterosklerosis.

"Aterosklerosis terjadi pada orang dengan diabetes, kolesterol tinggi, perokok, kegemukan, dan darah tinggi, makin lama makin berat dipengaruhi proses penuaan dan ada pula faktor genetika," katanya kepada detikHealth, Senin (25/3/2019).

"Akibatnya ada keluhan sakit dada, lekas lelah, sesak napas atau bahkan serangan jantung yang bisa mengakibatkan kematian. Ring itu dipasang untuk melebarkan kembali pembuluh darah tersebut," sambungnya.

Secara sederhana, ring jantung berfungsi untuk memastikan agar pembuluh darah tetap terbuka untuk memperkecil risiko serangan jantung. Namun, tidak semua pengidap penyakit jantung perlu pemasangan ring.



Butet Kartaredjasa Pasang Ring Jantung, Fungsinya untuk Apa?
(kna/up)