Senin, 25 Mar 2019 16:30 WIB

Kata Pakar, Kamu Belum Dewasa Kalau Belum Umur Segini

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Jangan ngaku dewasa kalau belum 30 tahun (Foto: iStock) Jangan ngaku dewasa kalau belum 30 tahun (Foto: iStock)
Jakarta - Kamu sudah merasa dewasa? Hmm sebentar, memangnya umur kamu berapa?

Meski ada yang beranggapan umur hanyalah angka, berdasarkan ilmuwan otak yang meneliti sistem saraf, orang-orang belum mencapai 'kedewasaan' yang sempurna sampai mereka berada di usia 30-an.

Para peneliti ini menemukan bahwa usia di mana menjadi dewasa memang bervariasi untuk semua orang, akan tetapi orang berusia 18 tahun masih mengalami perubahan di otak yang dapat mempengaruhi perilaku dan sehingga mereka lebih mungkin untuk mengembangkan gangguan kesehatan mental.

"Apa yang sebenarnya kami katakan adalah bahwa definisi tentang kapan seseorang pindah dari masa kanak-kanak menjadi dewasa terlihat absurd. Ini lebih kepada nuansa transisi yang berlangsung selama tiga dekade."



"Saya kira sistem seperti sistem pendidikan, sistem kesehatan dan sistem hukum untuk kemudahan mereka sendiri dengan memiliki definisi (kapan usia dewasa --red)."

Dikutip dari website resminya, Roger K. Allen, PhD, menuturkan ada beberapa contoh hal yang menandakan seseorang sudah bersikap dewasa secara mental, antara lain:

- Proaktif (aku yang menentukan pilihan)
- Diatur pada tujuan atau visi
- Bukan 'harus' tapi melakukan sesuatu karena memang pilihan
- Berani keluar dari zona nyaman
- Rela berbagi

"Saya mendefinisikan kedewasaan emosional sebagai kemampuan untuk membuat pilihan yang baik, positif, dan sehat selama tantangan hidup," tulisnya.



Jadi, kamu sudah merasa dewasa belum?

Kata Pakar, Kamu Belum Dewasa Kalau Belum Umur Segini
(ask/up)