Senin, 25 Mar 2019 17:40 WIB

Di Mana Posisi Indonesia di Antara Negara Perokok Dunia?

Firdaus Anwar - detikHealth
Protes untuk para perokok dalam peringatan Hari Kanker Sedunia 2019. (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth) Protes untuk para perokok dalam peringatan Hari Kanker Sedunia 2019. (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta - Dalam akun twitter pribadinya, mantan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Roy Sparringa menyebut bahwa Indonesia kini jadi negara dengan tingkat perokok tertinggi di dunia. Roy menautkan cuitan akun The Spectator Index yang menyebut data bersumber dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Tingkat merokok tertinggi di dunia. Indonesia teratas di Planet Bumi. Mengapa terjadi?," tulis Roy seperti dikutip pada Senin (25/3/2019).



Dilihat dari halaman resmi WHO, data yang dirujuk oleh Roy spesifiknya adalah peta prevalensi perokok pada populasi laki-laki berusia 15 tahun di berbagai negara. Dalam peta disebutkan bahwa informasi data akurat untuk tahun 2015.

Dalam peta tersebut WHO menyebut bahwa prevalensi perokok laki-laki di Indonesia pada tahun 2015 paling tinggi dengan angka mencapai 76,2 persen. Di peringkat kedua ada Yordania dengan prevalensi perokok mencapai 70,2 persen lalu Kiribati dengan angka 63,9 persen.

Untuk prevalensi perokok wanita di usia 15 tahun negara Nauru menduduki peringkat paling atas mencapai 52 persen, Kiribati 40,9 persen, lalu ketiga Serbia dengan angka 39,7 persen. Indonesia termasuk berada di posisi bawah dengan angka prevalensi perokok wanita 3,6 persen.

"Busehh itu mksdnya 76% penduduk? Masasih?? Itu bnyak loh wey!," reaksi dari salah satu netizen menanggapi cuitan Roy.

[Gambas:Video 20detik]






Parah! Indonesia Disebut Negara dengan Perokok Tertinggi di Dunia
(fds/up)
News Feed