Kamis, 28 Mar 2019 07:10 WIB

Ma'ruf Amin Kurang-kurangi Gula, Ini Tips Ahli Gizi Biar Nggak Diabetes

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kebiasaan mengontrol gula darah Cawapres Maruf Amin bisa dicontoh. (Foto: Agung Pambudhy) Kebiasaan mengontrol gula darah Cawapres Ma'ruf Amin bisa dicontoh. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Cawapres Ma'ruf Amin mengaku dalam kondisi sehat. Selain itu, dirinya juga sedang mengurang-ngurangi makanan manis dan juga asin.

"Makan manis dan terlalu asin juga dikurangi. Ya selalu nurut kok sama dokter dan ibu," ujar istri cawapres Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayani saat ditemui detikcom.

"Paling nyuri-nyuri (makan manis). Sekali-sekali nyuri makan tak apa," celetuk Ma'ruf lalu tertawa.


Apa yang dilakukan Ma'ruf Amin sudah bagus sih, apalagi kalau selama ini makan makanan manisnya memang berlebihan. Tapi lebih tepatnya sih nggak cuma mengurang-ngurangi makanan manis, pakar nutrisi olahraga, Mury Kuswari, SPd, MSi, dari Indonesian Association of Fitness and Sport Nutritionist (ANOKI) menyarankan untuk memperhatikan gizi seimbang guna terhindar dari diabetes.

"Banyak gizi tidak seimbang, jadi karbonya tinggi proteinnya rendah. Kita diabet tinggi loh, karena setiap naik gula darahnya pasti naik insulinnya," tutur Mury.

"Karbohidrat tinggi, insulinnya naik, makin lama makin nggak sensitif. Apalagi tinggal di perkotaan, radikal bebas, polusi, kurang makan sayur buah. Akhirnya apa? Nggak sensitif, yang tadinya gula darahnya satu diambil insulin satu keserep, lama-lama gula darah satu insulinnya dua, lama-lama tiga, nggak keserep. Makanya itu meningkat gula darah sehingga diabetes," tambahnya.

Gizi seimbang ialah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan ideal. Di dalamnya ada termasuk protein, lemak, gula, garam, air putih, karbohidrat, juga buah dan sayur.

Kamu sudah konsumsi gizi seimbang belum?

(ask/up)
News Feed