Sabtu, 30 Mar 2019 07:17 WIB

Semangat Sutopo BNPB Latihan Yoga Diapresiasi Instruktur Asal Australia!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sutopo bersiap melakukan child pose, salah satu pose yoga yang ramah untuk pemula (Foto: twitter) Sutopo bersiap melakukan child pose, salah satu pose yoga yang 'ramah' untuk pemula (Foto: twitter)
Ubud, Bali - Rasa sakit nyeri tulang yang dialami oleh Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, membuatnya mulai melakukan yoga. Meski baru memulai, ia berharap yoga bisa memulihkan rasa sakit tersebut.

"Tulang bengkok atau skoliosis itu ternyata menyakitkan. Belajar yoga saya lakukan agar tubuh lebih nyaman," tulis Sutopo dalam akun Twitternya, Jumat (29/3/2019).

Dalam unggahannya tersebut, Sutopo terlihat melakukan child pose yang biasanya dilakukan oleh pemula. Instruktur yoga dari Australia, Julie Smerdon, memberikan apresiasi yang luar biasa melihat kesungguhan Sutopo saat melakukan pose yoga tersebut.

"Apapun gerakan yang dia lakukan, itu akan membantunya untuk meredakan rasa sakit yang ia alami, khususnya di paru-paru," katanya saat dijumpai detikHealth di Bali Spirit Festival, Ubud, Bali, Jumat (29/3/2019).



Julie menambahkan gerakan yang dilakukan oleh Sutopo bisa membantu melepaskan apapun yang dia rasakan di dada. Selain gerakan itu, Julie menyarankan untuk melakukan gerakan yang tidak terlalu rumit. Bisa dengan berbaring dan fokus pada pernapasan.

"Yoga adalah tentang bagaimana kita mengatur tubuh. Tentang bergerak lebih bebas dan saya harap dia akan merasa lebih baik. Mungkin memang tidak akan mengobati, tetapi akan membuat dia jauh lebih merasa ringan," pungkasnya.

Simak aksi Sutopo dalam berlatih yoga dalam video ini:

[Gambas:Video 20detik]





Semangat Sutopo BNPB Latihan Yoga Diapresiasi Instruktur Asal Australia!
(kna/up)
News Feed