Minggu, 31 Mar 2019 12:04 WIB

Studi Sebut Otak Butuh 1,5 MB Ruang Memori untuk Menguasai Satu Bahasa

Firdaus Anwar - detikHealth
Bila otak kita disamakan seperti perangkat elektronik, peneliti melihat rata-rata otak manusia butuh ruang 1,5 megabyte untuk menguasai satu bahasa. Foto: thinkstock Bila otak kita disamakan seperti perangkat elektronik, peneliti melihat rata-rata otak manusia butuh ruang 1,5 megabyte untuk menguasai satu bahasa. Foto: thinkstock
Jakarta - Saat baru lahir semua orang tidak bisa langsung berbicara hanya mungkin mengeluarkan celotehan sederhana ala bayi. Beranjak dewasa otak mulai mengolah informasi dari lingkungan hingga akhirnya kita bisa mengerti dan berkomunikasi dengan bahasa tertentu.

Terkait hal tersebut studi terbaru di jurnal Royal Society Open Science menemukan saat mempelajari satu bahasa otak bisa mempelajari dan merekam sampai 12.5 juta bit informasi atau sekitar 1,5 megabyte (MB).


Bit sendiri adalah satuan dasar informasi yang biasa digunakan di perangkat digital seperti komputer. Meski otak manusia mengolah informasi dengan format berbeda, bit bisa digunakan oleh peneliti sebagai perbandingan.

"Ini mungkin mengejutkan, tetapi dalam hal penyimpanan media digital pengetahuan bahasa kita hampir pas di floppy disk," kata peneliti seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (30/3/2019).

Menurut peneliti dalam skenario terbaik seorang manusia dewasa dapat mengingat 1.000 sampai 2.000 bit informasi bahasa per hari. Dalam skenario terburuk kita mungkin hanya bisa mengingat sekitar 120 bit informasi bahasa.

Hampir sebagian besar 12,5 juta bit informasi yang disimpan di otak tidak berhubungan dengan tata bahasa dan sintaksis, tetapi lebih banyak berkaitan tentang makna suatu kata.

(fds/up)
News Feed