Selasa, 02 Apr 2019 07:35 WIB

Hewan Peliharaan Naik-naik ke Kasur, Aman Nggak Ya?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Vaksinasi penting bagi hewan peliharaan. (Foto ilustrasi: Rifkianto Nugroho) Vaksinasi penting bagi hewan peliharaan. (Foto ilustrasi: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Biasa bagi para pecinta hewan jika peliharaan mereka ikut tidur di kasur yang sama. Tapi sebenarnya aman nggak sih bagi kesehatan kalau hewan peliharaan kita terbiasa berguling-gulingan di tempat tidur kita?

Ditemui usai acara 'Talkshow Media Pro Balance, Feed the Finest', Senin (1/4/2019), di Jakarta Pusat, drh Elvinka Ruth menjelaskan kalau aman-aman saja sih asalkan hewan tersebut sudah kamu jamin kesehatan dan kebersihannya.

"Makanya sebelum kita memelihara harus tahu dulu kebutuhannya, saya sebutkan juga sebelumnya pertama itu kesehatan dengan cara vaksinasi. Rutin juga (diberikan) obat cacing. Kalau vaksinasi itu kan bisa melindungi dari serangan penyakit terutama virus kan. Nah kalau dari liur itu bisa menular dari virus. Kalau misalnya sudah divaksinasi aku rasa jadi lebih aman sih untuk tinggal bersama-sama dengan manusia," jelas drh Elvinka.


Jangan lupa untuk rajin-rajin grooming atau memandikan hewan kesayangan kita. Penyakit-penyakit kulit semisal jamur ring worm yang bisa menular ke manusia ini pun bisa dicegah karena kesehatan kulit si kucing atau anjing terjaga. Ring worm yang sudah menular ke manusia akan menimbulkan gejala seperti gatal pada kulit, kemudian timbul bercak merah bentuk bulat dan akan meninggalkan bekas hitam jika tidak segera di atasi.

"Yang penting itu vaksin, obat cacing, perhatikan kebersihan, kalau poin itu sudah dipenuhin udah sih aman," tegasnya.

(ask/up)
News Feed