Rabu, 03 Apr 2019 19:05 WIB

Ilmuwan Ciptakan 'Suntik Kurus', Setahun Bisa Pangkas Bobot 7,6 Kg!

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Peneliti tengah kembangkan suntik kurus. Foto: ilustrasi/iStock Peneliti tengah kembangkan 'suntik kurus'. Foto: ilustrasi/iStock
Jakarta - Kabar gembira bagi mereka yang sudah frustrasi karena program diet dan olahraganya tidak juga membuahkan hasil. Para ilmuwan tengah mengembangkan 'suntik kurus' dan telah mengujikannya pada sejumlah relawan.

Hasilnya, berat badan para partisipan turun rata-rata 7,6 kg dalam satu tahun. Masih harus diteliti lebih lanjut karena baru melibatkan 20 partisipan, tetapi dianggap sebagai harapan baru bagi penanganan obesitas.

Para ilmuwan dari Jongs Hopkins University melakukan eksperimen ini dengan menyuntikkan microbeads atau manik-manik berukuran mikro. Mereka menyuntikkannya dengan kateter melalui pembuluh darah yang menyuplai darah ke lambung.

Cara kerjanya sebagai berikut. Saat diinjeksikan ke dalam pembuluh darah, manik-manik mikro tersebut akan menghambat aliran darah ke lambung. Para ilmuwan menyebutnya 'bariatric emboliszation'.

Terhambatnya aliran darah di bagian tersebut menyebabkan pelepasan hormon lapar terhambat. Akibatnya, nafsu makan berkurang sehingga asupan kalori lebih mudah dikontrol.


Tujuan utama terapi eksperimental ini adalah mengubah kerja sistem metabolisme. Hal yang sama juga dilakukan lewat bedah bariatrik yang lebih umum digunakan saat ini.

Dikutip dari Livescience, Dr David Cummings dari University of Washington menyatakan keraguannya atas temuan ini. Menurutnya, tidak jelas betul apakah efek yang muncul adalah efek plasebo atau benar-benar efek fisiologis dari 'suntik kurus' yang diberikan.

"Seseorang yang ikut dalam program (berat badan) umumnya sukses menurunkan berat badannya sedikit," katanya, mengkritik tidak adanya kelompok kontrol untuk melihat adanya efek plasebo dalam penelitian itu.

(up/ask)