Kamis, 04 Apr 2019 14:59 WIB

Klaim Liar Donald Trump: Suara Kincir Angin Sebabkan Kanker

Firdaus Anwar - detikHealth
Trump percaya kalau kincir angin menyebabkan kanker. (Foto: BBC World) Trump percaya kalau kincir angin menyebabkan kanker. (Foto: BBC World)
Jakarta - Entah ada masalah apa antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan kincir angin. Dalam sebuah acara di Washington, Selasa (2/4), Trump tiba-tiba saja mengeluarkan klaim kontroversial kalau kincir yang biasa dipakai sebagai pembangkit listrik bisa menimbulkan kanker.

"Katanya suara yang dihasilkan kincir bisa menghasilkan kanker. Kamu memberitahu saya hal itu," kata Trump seperti dikutip dari CNN, Kamis (4/4/2019).


Tidak jelas siapa yang memberitahu Trump tentang kincir angin penyebab kanker, namun hal tersebut jelas belum ada bukti pendukungnya. Beberapa studi pernah melihat suara kincir angin mungkin saja menyebabkan gangguan seperti insomnia atau pusing.

Profesor Simon Chapman dari University of New South Wales mengatakan spesifiknya kebanyakan orang-orang terkena gangguan kincir angin lebih karena stres.

"Jadi ini lebih karena penyakit menular sosial yang bisa menyerang kamu ketika mendengarnya lalu jadi cemas... Kebanyakan komplain datang dari orang-orang yang di daerahnya bahkan tidak dibangun kincir angin," kata Prof Simon.

Trump memang dikenal memiliki teori-teori kesehatan nyeleneh. Sebagai contoh ia pernah dikutip tidak mempercayai manfaat vaksin dan juga olahraga untuk kesehatan.



Apa Benar Perempuan Rentan Terserang Kanker daripada Laki-laki? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

Klaim Liar Donald Trump: Suara Kincir Angin Sebabkan Kanker
(fds/up)