Kamis, 04 Apr 2019 18:36 WIB

Tak Bisa Jalan, Bocah Ini Dapat Kursi Roda Unik dari Mobil Mainan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi kursi roda (Foto: Thinkstock) Ilustrasi kursi roda (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Cillian Jackson (2) mengidap kondisi genetik yang membuatnya tak bisa berjalan. Kedua orangtuanya harus menggunakan stroller bayi jika mengajaknya berjalan-jalan.

Suatu hari mereka berinisiatif mencari kursi roda khusus agar Cillian bisa berjalan-jalan sendiri. Sayangnya salah satu perusahaan yang memproduksi barang tersebut tidak tersedia di dekat wilayah mereka.

Oleh karena itu, mereka mencoba meminta tim robotik dari Farmington High School apakah mereka mau membuatkan kursi roda khusus bagi anaknya. Beruntung, anak-anak itu menyanggupi tantangan yang mereka berikan.



Dikutip dari CNN, mereka menggunakan perencanaan dan model dari perusahaan kursi roda khusus dan memodifikasi mobil mainan menjadi kursi roda khusus. Kursi roda unik ini dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan Cillian bergerak ke sana ke mari sesuka harinya.

"Para murid meretas [mobil mainan] dengan memotong-motong bagian elektronik mobil, mendesain ulang joystick dan menyesuaikan kursi untuk Cillian. Segala hal yang kami lakukan untuk kompetisi robotik.. sangat terkait dengan tantangan ini. Para murid membuat programming-nya, mereka mengurusi perkabelan, mereka yang melakukan semuanya," kata pelatih robotik Spencer Elvebak.

Alex Treakle, salah satu murid yang mengurusi bagian kabel mengatakan ia memutuskan untuk bergabung dengan proyek ini karena ia ingin membantu seseorang dan hal itu pada akhirnya membuat dirinya sangat bahagia.



Saat ia melihat Cillian mencoba mobil mainan modifikasi itu untuk pertama kalinya, Alex melihat rasa bahagia di wajah Cillian bisa membuatnya bagaikan bahagia sepanjang tahun.

"Saat ia naik ke mobilnya, ia akan secara sadar berhenti dan melihat gagang pintu atau tombol lampu atau segala hal yang ia tak pernah punya waktu untuk mengeksplornya," Tyler Jackson, sang ayah menimpali.

Sedangkan sang ibu, Krissy, menambahkan bahwa kursi roda 'mobil' modifikasi ini sangat membantu buah hatinya mengeksplor keingin tahuannya. Serta membantunya membuat pilihan bagi dirinya sendiri.

Kursi roda 'mobil' ini digunakan Cillian untuk berlatih untuk memenuhi syarat melalui asuransi untuk mendapatkan kursi roda bermotor, yang ia butuhkan untuk masuk sekolah, imbuh mereka.

(frp/up)
News Feed