Jumat, 05 Apr 2019 15:45 WIB

Disangka Korban Pembunuhan, Tak Tahunya Tersedak Tusuk Gigi

Rosmha Widiyani - detikHealth
Tusuk gigi yang tertelan berdampak fatal (Foto: Thinkstock) Tusuk gigi yang tertelan berdampak fatal (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Tidak sengaja menelan tusuk gigi, seorang wanita di Inggris yang berusia 50 tahun ditemukan tewas. Penyebab kematian baru diketahui setelah tim dokter melakukan autopsi pada jenazah wanita yang tak disebutkan saat meninggalnya. Tim dokter dan keluarga sempat mengira wanita yang tinggal di Coimbra, Portugal tersebut tewas akibat dibunuh partnernya.

Laporan kematian wanita yang tidak dijelaskan identitasnya tersebut dimuat dalam Journal of Forensic and Legal Medicine. Proses autopsi dilakukan dokter ahli patologis Cesar Lares do Santos dari National Institute of Legal Medicine and Forensic Sciences, Portugal. Dokter menyimpulkan, tusuk gigi yang nyangkut di tenggorokan mengakibatkan infeksi hingga terjadi gagal jantung.

"Pasien sempat mengeluh tidak nyaman di tenggorokan saat menelan, namun hasil pemeriksaan sinar X dan diagnosa tidak menemukan ada yang salah. Akhirnya disimpulkan sensasi tersebut hanya imajinasi sehingga korban dirujuk ke psikiater. Hal ini menjadi peringatan bagi tim dokter untuk memeriksa lebih detail dan tidak asal merujuk ke dokter ahli jiwa," kata Santos dikutip dari Daily Mail.



Santos mengatakan, tim autopsi curiga saat melihat kulit di sekitar leher korban yang berwarna kehijauan. Tim lantas membedah tenggorokan korban dan menemukan tusuk gigi kayu sepanjang 3,5 sentimeter di samping tenggorokannya. Selain tusuk gigi yang tertutup nanah, tim juga menemukan dua luka tusuk lain di dinding tenggorokan korban. Menurut de Santos, luka ini menganggu sistem saraf vital yang mengontrol kerja otak, jantung, dan paru hingga mengakibatkan gagal jantung.

Hasil pemeriksaan juga menyatakan korban sempat mendatangi dokter karena sensasi tidak nyaman. Sensasi muncul setelah korban makan roti dan hidangan serupa sosis yang disebut salami. Korban bahkan mendatangi dokter umum 2 kali dalam 5 hari akibat sensasi tersebut. Namun dokter menyimpulkan korban mengalami gejala flu dan diberi obat seperlunya. Menurut Santos, dokter kemungkinan juga menyimpulkan wanita tersebut mengalami globus pharingeus yaitu sensasi merasakan benjol di tenggorokan.



Dokter umum sempat menyarankan korban segera kembali jika rasa tidak nyaman tersebut tak juga hilang. Sayangnya korban keburu meninggal dengan luka di kepala dan darah membasahi pakaiannya. Santos menyatakan, serangan jantung akibat tusuk gigi kemungkinan telah menyebabkan korban jatuh di lantai kamar mandi. Akibatnya, korban mengalami luka di kepala dan hidung akibat kacamata yang pecah saat jatuh.

Luka di tenggorokan sebetulnya adalah hal yang jarang terjadi pada dewasa. Namun kasus kematian karena menelan tusuk gigi, koin, atau benda asing lain tak bisa dianggap remeh. Menurut Santos, tingkat kematian mencapai 9,6 persen dari sekitar 136 kasus. Benda-benda tersebut umumnya tidak terbaca sinar X, serta luput saat pemeriksaan laringoskopi yaitu pemeriksaan melihat bagian belakang tenggorokan.

Santos berharap kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari. Tiap dokter harus merasa curiga berhadapan dengan semua kasus, meski terlihat simpel dan sederhana. Rasa ingin tahu memungkinkan dokter tidak langsung merujuk ke psikiater, bila tak menemukan penyebab gangguan pada pasien.




Simak Juga 'Sedang Makan dan Tiba-tiba Tersedak, Apa Penyebabnya?':

[Gambas:Video 20detik]



Disangka Korban Pembunuhan, Tak Tahunya Tersedak Tusuk Gigi
(up/up)
News Feed