Sabtu, 06 Apr 2019 09:46 WIB

Romahurmuziy Disebut Ambeien Parah, Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Firdaus Anwar - detikHealth
Ambeien atau wasir adalah kondisi bengkaknya pembuluh darah di area rektum dan anus. (Foto: Thinkstock) Ambeien atau wasir adalah kondisi bengkaknya pembuluh darah di area rektum dan anus. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Tersangka kasus dugaan suap jabatan di Kementerian Agama, Romahurmuziy, dikabarkan tengah dirawat di Rumah Sakit Polri karena sempat buang air besar (BAB) mengeluarkan darah. Sekjen PPP Arsul Sani menjelaskan bahwa Romahurmuziy alias Rommy memang sudah lama diketahui punya penyakit ambeien.

"Kalau soal ambeien itu sudah akut lama," kata Arsul, Sabtu (6/4/2019).

Dikutip dari Harvard Health Publishing, ambeien atau wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah di bagian bawah rektum dan anus membengkak. Ketika teriritasi ambeien dapat menimbulkan nyeri dan berdarah yang akan tampak saat buang air besar.


Ambien bisa dipicu hal-hal seperti konstipasi kronis, mengejan terlalu keras saat buang air besar, hingga duduk di toilet terlalu lama. Selain itu ambien juga berisiko terjadi pada ibu hamil akibat rahim yang membesar akan menekan pembuluh darah.

"Semua hal tersebut dapat mengganggu aliran darah di area (rektus dan anus -red), membuat darah mudah menggenang dan memperbesar pembuluh darah," tulis Harvard Health Publishing.

Untuk ambien ringan terdapat obat seperti krim oles yang dapat mengurangi pembengkakan serta rasa nyeri. Namun bila sudah parah dokter dapat melakukan operasi.

(fds/wdw)