Sabtu, 06 Apr 2019 13:19 WIB

Anak SMA Ciptakan Sepeda yang Bisa Bersihkan Polusi Udara

Firdaus Anwar - detikHealth
Sepeda dengan alat penyaring udara. (Foto: BBC) Sepeda dengan alat penyaring udara. (Foto: BBC)
Jakarta - Sekelompok anak Sekolah Menengah Atas (SMA) di Vietnam menghabiskan waktu enam bulan bereksperimen menciptakan sepeda dengan alat penyaring udara. Tujuannya agar para penggowes bisa dengan tenang mengayuh sepeda di tengah padatnya kota tanpa harus memakai masker karena takut polusi udara.

Alat yang dipasang di setang sepeda tersebut dilengkapi dengan tiga lapisan penyaring dari katun dan karbon aktif. Sebuah kipas lalu akan menghembuskan udara bersih yang keluar dari alat penyaring langsung ke pengendara sepeda.


Menurut laporan otoritas lingkungan setempat tes awal menunjukkan kalau alat dapat menyaring hingga 86 persen debu dan sekitar 63 persen nitrogen oksida.

"Di masa depan, kami mungkin akan coba membuat alat serupa untuk sepeda listrik agar bisa semakin berkontribusi terhadap kesehatan orang-orang dan lingkungan," kata salah satu siswa, Cao Thi Khanh Hoa, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (6/4/2019).

Alat dianggap ramah lingkungan karena menggunakan bahan daur ulang dan sumber tenaganya berasal dari dinamo yang terhubung dengan putaran ban, alias dari penggowes sendiri.

(fds/ask)
News Feed