Minggu, 07 Apr 2019 09:04 WIB

Sepatu Olahraga Ini Terbuat dari Plastik dan Rumput Laut

Firdaus Anwar - detikHealth
Sepatu ini terbuat dari campuran plastik dan rumput laut. (Foto: BBC) Sepatu ini terbuat dari campuran plastik dan rumput laut. (Foto: BBC)
Jakarta - Jorge Castro Ramos sudah bertahun-tahun berusaha mengembangkan sepatu dari botol plastik bekas. Belakangan ia berhasil menciptakan sepatu olahraga baru dengan mencampurkan plastik bekas dengan rumput laut sargassum.

Plastik bekas dipakai Jorge untuk bagian atas sepatu sementara rumput laut dipakai jadi bahan solnya. Perlu sekitar 5-8 botol plastik dan 100 gram rumput laut untuk membuat satu sepatu olahraga.



"Sembilan tahun kami bermimpi bisa membuat alas kaki ekologis. Diperlukan empat atau lima tahun coba-coba untuk membuat serat Meksiko yang dipatenkan ini dari botol plastik, dan kemudian enam-delapan bulan lalu kami berhasil membuat alas kaki organik ekologis dengan sargassum," kata Jose seperti dikutip dari BBC, Sabtu (6/4/2019).

Sepatu olahraga yang dibuat Jose diperkirakan bisa awet sampai dua tahun. Bila nantinya rusak atau memang sudah usang konsumen dapat mengembalikannya untuk didaur ulang.

Dengan hal ini Jose berharap dapat membantu lingkungan sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat lokal.

(fds/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya