Senin, 08 Apr 2019 14:40 WIB

Perempuan Tewas Kecelakaan di Depok, Motor Penyebab Kecelakaan Tertinggi

Rosmha Widiyani - detikHealth
Sepeda motor penyumbang kecelakaan lalu lintas paling tinggi menurut data Kemenkes (Foto: Thinkstock) Sepeda motor penyumbang kecelakaan lalu lintas paling tinggi menurut data Kemenkes (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Ita Sachari (27) ditemukan tewas mengenaskan di dekat pembatas Jalan Margonda Raya, Depok. Polisi menyatakan Ita tewas akibat kecelakaan tunggal.

"Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) tunggal," kata Kasat Lantas Polresta Depok Kompol Sutomo dalam keterangannya dikutip dari detikcom pada Senin (8/4/2019).

Korban diduga mengantuk sehingga tidak bisa mengendalikan motornya. Akibatnya, motor Honda Vario bernopol B-3678-ENU diduga menyenggol pembatas jalan yang berpagar kawat. Kepala korban putus akibat jatuh ke arah pagar yang dikelilingi kawat sling. Saat ini jenazah korban telah dibawa pulang keluarga.



Dalam data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, mengendarai motor masih menjadi penyebab kecelakaan tertinggi di Indonesia. Angkanya mencapai 72,7 persen dari total 21.483 kasus kecelakaan yang disurvei selama pembuatan laporan. Penyebab terbanyak kedua adalah saat menumpang sepeda motor (bonceng) dengan proporsi sebesar 19,2 persen.

Korban kecelakaan didominasi perempuan dibanding laki-laki dengan angka mencapai lebih dari 50 persen. Dalam laporan Riskesdas 2018, korban umumnya berasal dari kelompok umur 15-24 tahun. Kelompok usia terbesar yang menjadi korban laka lantas selanjutnya adalah kelompok umum 15-27 tahun.

(up/up)