Selasa, 09 Apr 2019 08:50 WIB

Duh! 5 Kebiasaan di Kamar Mandi Ini Bisa Jadi Penyakit

Widiya Wiyanti - detikHealth
Main handphone di kamar mandi adalah kebiasaan yang bisa jadi penyakit. Foto: iStock Main handphone di kamar mandi adalah kebiasaan yang bisa jadi penyakit. Foto: iStock
Jakarta - Kamar mandi menjadi tempat yang pasti disinggahi, entah untuk mandi atau hanya buang air. Untuk sebagian orang, berlama-lama di kamar mandi dapat memunculkan ide-ide kreatif di luar dugaan.

Tetapi kamar mandi menjadi tempat yang banyak didiami kuman, karena itu dapat meningkatkan risiko penyebaran yang dapat menyebabkan penyakit.

Dikutip dari detikHealth dari berbagai sumber, ada beberapa kebiasaan di kamar mandi yang justru bisa membuat kita sakit. Apa saja itu?



1. Main Handphone

Banyak orang yang bisa multitasking, saat buang air besar juga bisa sambil main handphone. Berselancar di instagram hingga bermain game bisa dilakukan dalam berbarengan dengan kegiatan di kamar mandi.

Meskipun itu sudah menjadi suatu kebiasaan, sebaiknya harus dihindari. Karena bagaimanapun kamar mandi merupakan sarang kuman, dengan main handphone maka kuman dapat berpindah dan keluar dari kamar mandi melalui handphone tersebut.

2. Cuci tangan nggak bersih

Kata Charles Gerba, PhD, ahli mikrobiologi dan profesor di Universitas Arizona, cara paling efektif dan efisien untuk mencegah penyakit adalah dengan mencuci tangan dengan bersih.

Tetapi masih banyak orang yang mencuci tangan 'asal basah' saja. Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20-30 detik. Serta jangan lupa menggosok area di bawah kuku yang bisa jadi tempat kuman.

3. Cuci tangan pakai sabun batangan

Menurut Gerba, sabun batangan justru mengumpulkan bakteri ketika digunakan oleh banyak orang. "Sabun itu sendiri menjadi tempat berkembangbiaknya kuman yang mudah diambil dan disebarkan," tegasnya.

Gantilah kebiasaan menggunakan sabun batangan menjadi menggunakan sabun cair untuk menghindari penyebaran kuman dari orang lain.

4. Nggak pakai antiseptik

Jangan salah, cuci tangan saja sebenarnya belum tentu membunuh semua kuman. Maka dari itu alangkah baiknya ditambah membersihkan tangan dengan antiseptik agar kuman-kuman mati dan tidak ada penyebaran yang membahayakan tubuh.

5. Pakai handuk ramai-ramai

Biasanya setelah cuci tangan disediakan handuk untuk mengeringkannya. Namun sayangnya dalam satu kamar mandi yang dipakai banyak orang, disedikan hanya satu handuk. Kebiasaan itu juga bisa membuat kuman bersarang dan menyebar ke atau dari tangan orang lain.

(wdw/up)