Rabu, 10 Apr 2019 13:00 WIB

Hero! Ayah Selamatkan Putranya yang Meninggal Selama 15 Menit

Widiya Wiyanti - detikHealth
Sudah meninggal 15 menit, seorang anak tertolong karena CPR yang diberikan ayahnya. Foto: thinkstock Sudah meninggal 15 menit, seorang anak tertolong karena CPR yang diberikan ayahnya. Foto: thinkstock
Jakarta - Seorang ayah di Birmingham, Inggris hampir kehilangan putranya karena serangan jantung. Namun karena keterampilannya melakukan CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) membuat putranya hidup kembali.

Tommy Plant yang baru berusia tujuh tahun pingsan di rumahnya pada 19 Januari dan jantungnya berhenti berdetak. Ayahnya, Jason Plant (42) yang menemukannya segera memberikan penanganan pertama dengan kompresi dada selama enam menit sebelum petugas medis datang.

"Dia tampak seperti mengalami kejutan besar, dia pucat, berkeringat dan menjadi tidak responsif. Itu (CPR) mungkin hanya dua menit, tetapi rasanya seperti selamanya," kata Jason dikutip dari Daily Mail.



Petugas medis menyatakan bahwa Tommy secara klinis telah meninggal selama 15 menit. Tommy pun dilarikan ke rumah sakit, tetapi petugas medis memberitahukan bahwa kemungkinannya untuk selamat tipis.

"Dia mengalami koma selama 72 jam dan kita diberitahu bahwa dia mungkin tidak bisa berjalan, berbicara, atau mengingatmu," kata Jason.

Tommy pun akhirnya bisa melewati masa kritisnya meskipun masih mengalami efek emosional akibat kejadian itu. Setelah 16 hari di rumah sakit, ia pun dipulangkan karena kondisinya semakin membaik.

Tetapi dokter memperingatkan bahwa Tommy mungkin berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung lagi.

"Dia sekarang bermain sepanjang waktu, suka menonton sepak bola dan semua hal yang dia lakukan sebelumnya, tapi saya khawatir tentang kondisinya," tutup Jason.

(wdw/up)