Rabu, 10 Apr 2019 17:41 WIB

Dikait-kaitkan dengan Prabowo dan 3 Tokoh Bangsa, DNA Itu Apa Sih?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Prabowo disebut memiliki DNA tiga tokoh bangsa (Foto: Rengga Sancaya) Prabowo disebut memiliki DNA tiga tokoh bangsa (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Istilah DNA tengah jadi perbincangan hari ini. Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Amien Rais, menyebut Prabowo punya DNA tiga tokoh bangsa yakni Sukarno, Hatta, dan Bung Tomo.

"Prabowo mengambil 3 DNA yang hebat-hebat. DNA Bung Karno, Bung Hatta, dan Bung Tomo. Tiga DNA 'bung' ini ada dalam diri Pak Prabowo," ujar Amien Rais dalam kampanye di Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/4/2019).

Klaim ini mendapat cibiran dari politikus PDIP Charles Honoris. Menurutnya, gabungan DNA dari tiga orang ini seperti fiksi ilmiah dan mengesankan Prabowo sebagai hasil modifikasi genetik.

"DNA itu harus keturunan langsung dong, hahaha," kata Charles seperti diberitakan detikcom.



Terlepas dari kehebohan tersebut, sebenarnya apa sih yang disebut DNA itu sendiri?

Dikutip dari Livescience, DNA (Deoxyribonucleic acid atau Asam Deoksiribo Nukleat) adalah sebuah molekul kompleks yang mengandung informasi dan instruksi yang dibutuhkan makhluk hidup untuk tumbuh dan berkembang. Informasi ini terdapat dalam setiap sel, dan diwariskan pada keturunan berikutnya.

DNA pertama kali ditemukan oleh ilmiwan biokimian asal Jerman, Frederich Miescher pada 1869. Namun selama bertahun-tahun, tidak ada yang menyadari pentingnya molekul tersebut.

Hingga akhirnya pada 1953, James Watson, Francis Crick, Maurice Wilkins, dan Rosalind Franklin menemukan struktur DNA double helix. Sejak saat itu, DNA diyakini membawa informasi biologis. Watson, Crick, Wilkins, dan Franklin mendapat Nobel kedokteran pada 1962 atas temuan tersebut.



Di dalam tubuh, molekul DNA memiliki struktur yang sangat panjang. Karenanya, DNA membentuk formasi yang disebut kromosom. Tiap kromosom memiliki satu molekul DNA. Manusia memiliki 23 pasang kromosom atau 46 kromosom tunggal dan terdapat di nukleus atau inti sel.

Dalam bidang kesehatan, informasi yang terkandung dalam DNA juga dimanfaatkan untuk mengetahui kerentanan terhadap penyakit tertentu. Tes DNA misalnya, digunakan untuk mengetahui sifat pembawa pada berbagai kelainan atau mutasi genetik yang berhubungan dengan penyakit.

(up/ask)