Kamis, 11 Apr 2019 11:32 WIB

Mengenal Diabetes, Penyakit yang Diidap Maestro Keroncong Mus Mulyadi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Mus Mulyadi cukup lama bergelut dengan diabetes (Foto: YouTube) Mus Mulyadi cukup lama bergelut dengan diabetes (Foto: YouTube)
Jakarta - Maestro musik keroncong Indonesia, Mus Mulyadi, meninggal dunia hari ini. Sebelumnya ia cukup lama bergelut dengan diabetes dan komplikasi yang menyerang matanya.

Dikutip dari detikHOT, Mus Mulyadi sudah mengalami masalah gula darah tinggi sejak 1982. Komplikasi mulai menyerang matanya menjelang tahun 2000 ketika ia menyadari pandangan matanya menurun.



Sejak saat itu, beberapa kali matanya dioperasi. Pembuluh darah di matanya pecah dan ada kerusakan pada retina. Pada 2008, ia menyebut penglihatannya tinggal 16 persen.

Disebutkan, riwayat diabetes juga ada pada kedua orang tuanya. Begitupun, empat dari delapan saudara Mus Mulyadi juga memiliki riwayat gula darah tinggi.



Dikutip dari Mayo Clinic, kerusakan pembuluh darah pada retina mata merupakan salah satu komplikasi diabetes. Disebut juga diabetic retinopathy, kondisi tersebut berpotensi memicu katarak, glaukoma, dan bahkan kebutaan.

Komplikasi lain yang harus diwaspadai antara lain sebagai berikut.

1. Penyakit jantung dan pembuluh darah
Diabetes meningkatkan risiko berbagai masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner, angina, serangan jantung, dan atherosclerosis (penyempitan pembuluh darah).

2. Neuropathy
Gula darah berlebih bisa melukai dinding pembuluh darah yang menutrisi saraf. Sering kesemutan, nyeri, atau bahkan mati rasa, adalah tanda-tanda kerusakan saraf akibat diabetes.

3. Nephropathy
Jutaan pembuluh darah halus ada di ginjal, dan berpotensi rusak oleh kelebihan kadar gula. Kerusakan di bagian ini memicu gagal ginjal.



4. Amputasi
Kerusakan saraf dan pembuluh darah pada komplikasi diabetes berdampak serius pada perlukaan di kaki. Luka kerap tidak terasa, dan proses penyembuhan juga lebih lama karena aliran darah tidak lancar. Tak jarang luka kecil bisa memicu kematian jaringan yang berujung pada amputasi.

5. Tuli
Gangguan pendengaran juga banyak ditemukan pada pengidap diabetes.



Video: Penyanyi Keroncong Mus Mulyadi Tutup Usia

[Gambas:Video 20detik]


Mengenal Diabetes, Penyakit yang Diidap Maestro Keroncong Mus Mulyadi
(up/wdw)