Kamis, 11 Apr 2019 16:27 WIB

Agar Kasus Bully Tidak Terulang, Ortu Harus Jadi Contoh Baik bagi Anak

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Psikolog singgung peranan orang tua untuk membentuk karakter anak yang positif. Foto: Istock Psikolog singgung peranan orang tua untuk membentuk karakter anak yang positif. Foto: Istock
Jakarta - Pengeroyokan siswi SMP di Pontianak hingga muncul tagar #JusticeForAudrey seharusnya jadi pembelajaran bahwa bully bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Agar tidak ada kasus serupa, orangtua harus sadar perannya sangat penting guna mencegah anak menjadi pelaku bullying.

Dra Ratna Djuwita, Dipl. Psych, dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia menjelaskan di rumah adalah waktu yang sangat penting bagi penanaman nilai luhur. Orang tua harus bisa mengajak bicara anak soal hal-hal seperti respek, kasih sayang, dan menghargai.

"Penanaman nilai kan nggak satu kali ngomong terus udah. Butuh proses lama untuk anak. Anak butuh melihat model orang tuanya, kakak, orang sekitarnya," kata Ratna lewat saluran telepon kepada detikHealth.


"Kalau dari kecil dia melihat kan orang tuanya kalau melihat orang lemah ditolong, kalau di medsos ada yang diketawain orang tuanya mengingatkan 'nggak pantaslah kita mengata-ngatai orang, bukan keinginan dia untuk menjadi gemuk,' misalnya. Menurut saya tantangan kita ke depan penanaman nilai luhur ini," tambahnya.

Meski begitu, Ratna tidak menyalahkan orang tua yang terpaksa mengalami kesibukan. Akan tetapi, perlu menjadi catatan kesibukan tidak seharusnya membuat kita lengah dalam mengawasi anak-anak kita. Dengan memperhatikan apa tayangan yang anak konsumsi, ini bisa menjadi langkah pengarahan penanaman nilai yang sangat penting.

"Kalau kita liat anak kecil secara umum ya waktu itu mendongeng orang tua ke anak sedikit. Saya tidak menyalahkan orang tua yang keadaannya seperti ini karena pulang malem, capek, sibuk dan sebagainya. Yaudahlah anak nonton YouTube, lihat di hp tapi apa yang dilihat mereka lepas tangan Bismillah, nah ini nggak bisa seperti itu."

"Kita harus sebagai orang tua kita harus merencanakan anak kita value-nya seperti apa, kalau kita mau punya anak dengan value cinta damai, respek sama orang ya harus dicontohin dan itu nggak bisa sekali saja," tegasnya.



Video: Soal Kasus Audrey, Ruben Onsu: Pendidikan dari Ortu Penting

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)