Minggu, 14 Apr 2019 12:01 WIB

Tanamkan Gen Manusia ke Otak Monyet, Ilmuwan China Picu Kontroversi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ilmuwan di China menanam gen manusia untuk buat otak monyet jadi lebih cerdas. Foto: Ilustrasi/iStock Ilmuwan di China menanam gen manusia untuk buat otak monyet jadi lebih cerdas. Foto: Ilustrasi/iStock
Jakarta - Lagi-lagi sebuah eksperimen genetika memicu kontroversi di kalangan ahli. Kali ini ilmuwan di China menanam gen manusia untuk membuat otak monyet jadi lebih cerdas.

Dipimpin oleh Kunming Institute of Zoology, eksperimen ini ingin mengungkap salah satu proses evolusi yang memberikan kecerdasan pada manusia. Dibanding spesies lain, ukuran otak dan kemampuan kognitif adalah yang paling berkembang pada manusia.

Mereka berhasil mengkopi gen MCPH1, penanda penting pada evolusi dan perkembangan otak manusia, pada otak monyet. Analisis perilaku dan fisiologi menunjukkan monyet tersebut mengembangkan kemampuan memori jangka pendek yang lebih baik, dan reaksi yang lebih cepat.


Salah seorang peneliti, Su Bung dari Chinese Academy of Sciences mengatakan eksperimen ini telah dikaji oleh badan etik universitas. Juga telah mengikuti standar ilmiah internasional maupun hak-hak binatang.

Namun di kalangan ahli, eksperimen ini mendapat kritik terkait masalah etik. Hal serupa juga dialami riset genetika sebelumnya, juga dilakukan oleh ilmuwan China, yang menciptakan bayi kebal HIV (Human Immunodeficiency Virus).


Tanamkan Gen Manusia ke Otak Monyet, Ilmuwan China Picu Kontroversi
(up/ask)
News Feed