Senin, 15 Apr 2019 12:41 WIB

Speaker Miss V Ini Kembali Viral Disebut Bisa Bikin Bayi Pintar

Firdaus Anwar - detikHealth
Speaker untuk bayi dalam kandungan ini dimasukkan langsung ke vagina. (Foto: Babypod/BBC) Speaker untuk bayi dalam kandungan ini dimasukkan langsung ke vagina. (Foto: Babypod/BBC)
Jakarta - Di media sosial viral produk speaker yang dipakai dengan dimasukkan langsung ke vagina bernama Babypod. Produk tersebut diklaim bisa menstimulasi kemampuan bahasa bayi sejak di kandungan lewat musik.

Pencipta Babypod, Marisa Lopez-Teijon, dari Institut Marques berhasil memenangkan penghargaan Ig Nobel 2017, parodi dari penghargaan Nobel, untuk kategori ilmu obstetri atas temuannya. Dalam studi ia menunjukkan bahwa janin memberikan respons yang lebih kuat saat musik diputar langsung di dalam vagina daripada di luar perut ibu.


Namun demikian spesialis kandungan terkenal dr Jen Gunter punya pendapat lain. Menurutnya bayi memang bisa memberikan respons gerakan saat mendengar musik kencang tapi bukan berarti itu pertanda bagus.

"Ini adalah refleks terkejut dan bukan karena bayi mengikuti irama lagu atau membalas tersenyum pada ibu," kata dr Jen dalam blog pribadinya seperti dikutip pada Senin (15/4/2019).

"Alat-alat musik untuk janin sudah ada cukup lama dan belum ada studi yang bisa membuktikan manfaatnya," lanjut dr Jen.

Selain itu dr Jen menyebut kemungkinan terjadinya infeksi akibat memasukkan benda asing seperti speaker ke vagina. Speaker dengan banyak lubang kecil mungkin sulit untuk dipastikan bersih bebas dari bakteri.

Terkait speaker yang dimasukkan ke vagina, netizen juga memberikan berbagai macam respons. Ada yang kaget, ada yang memberikan sindiran.

"Saat istri saya hamil, saya kadang melakukan hal yang mirip cuma bedanya dengan klarinet. Pertunjukan musik langsung lebih berkelas," komentar seorang pengguna Twitter di halaman resmi Babypod.


Speaker Miss V Ini Kembali Viral Disebut Bisa Bikin Bayi Pintar
(fds/up)
News Feed