Kamis, 18 Apr 2019 08:38 WIB

Hong Kong Buka Taman Pemakaman Khusus untuk Janin yang Gugur

Firdaus Anwar - detikHealth
Makam khusus janin keguguran (Foto: bbc) Makam khusus janin keguguran (Foto: bbc)
Jakarta - Pemerintah Hong Kong pertama kalinya menyetujui pembukaan taman pemakaman untuk janin yang gugur di dalam kandungan. Diberi nama Garden of Forever Love atau Taman Cinta Abadi, tempat tersebut didirikan untuk menyimpan 300 abu janin berusia di bawah 24 minggu yang meninggal karena keguguran atau diaborsi.

Menurut laporan RTHK, Garden of Forever Love rencananya dibuka pada 10 April di daerah Fanling, New Territories East. Taman didirikan karena tingginya permintaan masyarakat.



"Kami mengerti betul kecemasan dan kegelisahan orang tua yang mungkin kesulitan mengadakan pemakaman atau kremasi untuk janinnya," kata otoritas setempat seperti dikutip dari BBC, Selasa (16/4/2019).

Sebelumnya pemakaman dengan metode kremasi janin di Hong Kong sulit dilakukan karena usia di bawah 24 minggu kehamilan tidak memenuhi syarat mendapat sertifikat kematian. Sementara sertifikat kematian diperlukan untuk mengadakan pemakaman.

Menurut RTHK sebelumnya janin yang gugur terlalu muda dikategorikan sebagai limbah medis dan akan dibuang begitu saja.

The Hong Kong College of Family Physicians menyebut hampir setengah kehamilan di antara pasangan Hong Kong berakhir dengan keguguran. Ini terjadi kemungkinan karena gaya hidup tinggi stres, polusi lingkungan, hingga tren menikah tua.


Hong Kong Buka Taman Pemakaman Khusus untuk Janin yang Gugur
(fds/up)