Kamis, 18 Apr 2019 11:35 WIB

Cegukan Nggak Putus-putus, Bisakah Stres Jadi Penyebab?

Firdaus Anwar - detikHealth
Faktor emosi seperti stres atau kegembiraan berlebih bisa jadi memicu cegukan. (Foto: iStock) Faktor emosi seperti stres atau kegembiraan berlebih bisa jadi memicu cegukan. (Foto: iStock)
Jakarta - Cegukan adalah fenomena yang terjadi ketika otot diafragma mengalami kejang berkontraksi kuat tidak terkendali. Normalnya diafragma tertarik ke bawah saat seseorang menarik napas dan kembali rileks agar udara bisa keluar.

Nah diafragma yang kejang akan memaksa udara untuk masuk ke tenggorokan mengenai pita suara menghasilkan suara khas 'hiks'.


Terkait hal tersebut penyebab cegukan selama ini lebih dikenal karena faktor fisik seperti makan terlalu cepat atau minum minuman bersoda hingga alkohol. Namun demikian tahukah kamu kalau faktor psikis seperti stres atau kegembiraan bisa juga jadi pemicu cegukan.

Alasannya menurut beberapa ahli kemungkinan karena reaksi emosi berlebih memicu saraf yang menstimulasi saraf pengatur kontraksi diafragma.

dr William Kormos dari Harvard Health Publishing menyebut kalau stres atau gangguan kecemasan bisa jadi penyebab cegukan yang berkepanjangan.

"Jika cegukan kamu datang dan pergi, kemungkinan besar itu disebabkan oleh kebiasaan makan dan fungsi pencernaan. Tetapi jika cegukan bertahan lebih dari beberapa hari, bicarakan dengan dokter," kata dr William seperti dikutip pada Selasa (18/4/2019).

(fds/up)
News Feed