Kamis, 18 Apr 2019 20:01 WIB

Kelelahan Jaga TPS Malah Jadi Susah Tidur? Ini Saran Dokter

Ayunda Septiani - detikHealth
Proses penghitungan suara Pemilu 2019 di Lamongan. (Foto: Eko Sudjarwo) Proses penghitungan suara Pemilu 2019 di Lamongan. (Foto: Eko Sudjarwo)
Topik Hangat Begadang Jaga TPS
Jakarta - Kelelahan bertugas di TPS (Tempat Pemungutan Suara) dalam Pemilu 2019 pasti berdampak pada pola tidur. Tak jarang malah jadi susah tidur, lalu semakin lemah dan menurunkan daya tahan tubuh.

Ada banyak kemungkinan penyebab. Bisa jadi karena peningkatan hormon adrenalin, atau juga asupan kafein saat dipaksa untuk begadang semalaman.

"Biasanya, kelelahan sampai nggak bisa tidur itu andrenalinnya tinggian. Udah gitu begadang sambil ngitungin surat suara pasti ngopilah biar tetap melek, padahal kafein bekerja sekitar 9-15 jam. Ya panteslah nggak bisa tidur siang," ujar praktisi tidur dr Andreas Prasadja, RSPGT.



Tidur yang yang cukup dibutuhkan agar seseorang tetap fokus dalam menjalani aktivita sehari-hari. Mood juga akan jadi lebih baik.

"Jadi saran saya cari tempat yang sejuk untuk rileks, tenangkan pikiran dan setelah itu pasti akan menjadi rileks lagi tubuhnya," saran dokter yang akrab disapa dr Ade tersebut.

(up/up)
Topik Hangat Begadang Jaga TPS