Jumat, 19 Apr 2019 18:05 WIB

Sandiaga Uno Ditakutkan DBD, Prediksi BMKG Masih 'Awas' di Bulan April

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Sandiaga Uno ditakutkan terserang DBD. Foto: Lamhot Aritonang Sandiaga Uno ditakutkan terserang DBD. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Sandiaga Uno disebut tengah tidak enak badan. Badannya panas dan cegukan tak berhenti-henti. Rencananya, Sandiaga akan memeriksakan diri ke rumah sakit.

"Bang Sandi panas dari kemarin, suaranya hilang, cegukan nggak berhenti, makanya ingin cek darah, dari kemarin dan Pak Prabowo juga ingatkan segera ke rumah sakit karena teman-teman di BPN banyak yang kena DBD," ujar kata juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, seperti dikutip detikNews.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan penelitian terkait merebaknya kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia. Ternyata ditemukan kaitan peningkatan angka pasien DBD di suatu daerah dengan kelembapan yang tinggi.



"Yang paling memengaruhi kasus DBD bukan curah hujan. Namun justru kelembapan udara," jelas Marjuki, Kepala Bidang Informasi Iklim Terapan Klimatologi BMKG, di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Ini bisa menjadi jawaban mengapa angka pasien DBD di DKI Jakarta sendiri mengalami peningkatan beberapa waktu lalu. Menurut penjelasan Marjuki, kelembapan udara di DKI Jakarta melampaui 75 persen.

BMKG pun telah membuat prediksi angka insiden demam berdarah dengue untum bulan April, ternyata untuk seluruh daerah DKI Jakarta mulai dari Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara memiliki status awas.

Nah, sudah lakukan gerakan 3M belum di sekitaran rumahmu? Jangan sampai baru melakukannya kalau sudah jatuh korban. Untuk Sandiaga Uno, semoga lekas diberikan kesembuhan, ya.

s
(ask/up)