Sabtu, 20 Apr 2019 16:00 WIB

Gangguan Lambung Seperti Sandiaga, Bisa Ditandai Sering Cegukan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Menurut ahli pencernaan cegukan bisa jadi tanda gangguan lambung. (Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom) Menurut ahli pencernaan cegukan bisa jadi tanda gangguan lambung. (Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno sempat dikabarkan mengalami gangguan lambung dan mengalami radang tenggorokan. Sebelumnya Sandi diketahui sering cegukan hingga menganggu aktivitasnya usai pencoblosan pemilu 2019.

"Hasil pemeriksaan sore ini diketahui Pak Sandiaga memiliki gangguan lambung dan radang tenggorokan," kata Yuga Aden dari Tim Sandiaga dalam keterangan tertulis pada Jumat (19/4/2019) dikutip dari detikcom.


Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam, gangguan lambung memang bisa ditandai dengan seringnya cegukan. Reflek tersebut diakibatkan adanya masalah dalam pengosongan lambung dan tekanan pada diafragma.

Prof Ari mencontohkan makan banyak dalam satu waktu sebagai salah satu kondisi yang kerap menyebabkan cegukan.

"Cegukan adalah suara yang timbul akibat tekanan udara tiba-tiba dari dalam lambung. Udara ini seperti melalui lubang sempit hingga muncul bunyi yang khas. Cegukan yang menandai masalah pada lambung biasanya ditandai faktor penyebab lain misal makan terburu-buru, pola makan berantakan, kurang istirahat, dan terlalu letih," kata Prof Ari di sela Pengukuhan Guru Besar FKUI pada Sabtu (20/4/2019).

Cegukan yang menjadi gejala gangguan lambung tentu bisa ditangani supaya tidak mengganggu kesehatan setiap hari. Prof Ari menyarankan tenang dan istirahat terlebih dulu bagi masyarakat yang mengalami cegukan.

Setelah tenang dan istirahat biasanya faktor lain yang menyebabkan gangguan lambung juga ikut reda misal stres atau terlalu letih. Setelah cegukan reda bisa dilanjutkan dengan konsumsi obat gangguan lambung sesuai resep dokter.
(fds/fds)
News Feed